Menu
Media Online Terpercaya

Bikin Kartu Ucapan Selamat Lebaran. Tak Perlu Repot, Gunakan Aplikasi Gratis  Ini

  • Share

Momen spesial Idul Fitri 1442 Hijriah umumnya dimanfaatkan umat muslim untuk bersilaturahmi dengan mengunjungi keluarga. Namun, dikarenakan pandemi Covid-19 yang tak kunjung berakhir, tak sedikit dari masyarakat yang mengurungkan niat tersebut.

Kabar baiknya, perkembangan teknologi kini telah memudahkan masyarakat untuk saling berkomunikasi. Hanya dengan bermodalkan smartphone, pengguna dapat membuat dan mengirimkan kartu ucapan lebaran dengan mudah.

Ini lima aplikasi Android dan iOS yang dapat digunakan untuk membuat kartu ucapan lebaran. Berikut ini daftarnya.

Muslim Cards Pro: Eid & Ramadhan 2020

Sesuai dengan namanya, aplikasi yang satu ini menyediakan beragam template kartu ucapan lebaran yang bisa digunakan secara gratis. Pengguna bisa langsung membuat kartu ucapan lebaran tanpa perlu masuk menggunakan akun Facebook atau Google seperti Canva.

Aplikasi ini dapat diunduh secara eksklusif oleh pengguna Android melalui tautan berikut ini. Setelah diinstal, pengguna dapat langsung memilih beberapa desain kartu ucapan. Pengguna juga bisa mengunggah foto yang tersimpan di galeri ponsel dengan meng-klik ikon “panah” yang ada di ujung kanan atas aplikasi.

Selain bisa menyunting foto dalam desain kartu ucapan, terdapat beragam pilihan bingkai (frame) dan text yang bisa digunakan untuk mempercantik hasil kartu ucapan.

PicsArt

Selain dapat digunakan untuk menyunting dan membuat kolase foto, PicsArt juga dapat digunakan untuk membuat kartu ucapan lebaran. Terdapat ratusan template kartu ucapan dan emoji yang tersedia melalui aplikasi ini. Lantas, bagaimana cara membuat kartu ucapan melalui PicsArt?

Pertama, unduh aplikasi PicsArt melalui Google Play Store dan App Store. Kemudian, pada laman utama aplikasi, masukkan kata kunci “Eid Mubarak” pada kolom pencarian (Search). Selanjutnya, PicsArt akan menampilkan sejumlah desain kartu ucapan yang bisa diubah sesuai dengan keinginan pengguna. Selain membuat desain kartu ucapan, pengguna juga bisa langsung membagikannya via aplikasi media sosial, seperti WhatsApp, Facebook, dan Instagram.

Canva

Aplikasai ini merupakan satu aplikasi populer yang banyak digunakan untuk membuat kartu ucapan. Aplikasi ini bahkan menyediakan kategori desain kartu ucapan khusus lebaran. Sebelum menggunakan aplikasi ini, pengguna harus masuk (login) menggunakan akun Facebook atau Google terlebih dahulu.

Kemudian, buka aplikasi dan ketikkan kata kunci “Eid Al-Fitr” di kolom pencarian yang terletak di bagian paling atas. Pengguna dapat memilih template kartu ucapan lebaran dan melakukan proses modifikasi di tampilan berikutnya.

 

Kinemaster

Jika bosan dengan desain kartu ucapan yang monoton, pengguna dapat mencoba membuat video pendek berisi ucapan selamat lebaran melalui aplikasi Kinemaster.

Pertama, tentukan ukuran dan durasi video yang diinginkan dan tekan tombol Next untuk lanjut ke tahap berikutnya. Kemudian, pilih video atau gambar yang ingin disunting. Jika sudah, pengguna juga bisa menambahkan efek transisi, lagu, serta emoji pada video yang ingin dibuat. Kinemaster dapat diunduh secara gratis melalui toko aplikasi Google Play Store dan App Store. WhatsApp

WhatsApp

WhatsApp juga bisa digunakan untuk mengirim kartu ucapan sederhana. Caranya pun sangat simpel. Pada aplikasi WhatsApp, buka kolom percakapan pengguna lain yang ingin dikirimkan kartu ucapan. Kemudian, klik ikon gambar animasi (GIF) yang terletak di antara ikon “emoticon” dan “stiker”.

Masukkan kata kunci yang berhubungan dengan Idul Fitri, seperti “Eid Mubarak” atau “Ramadhan”. Jika sudah, pengguna bisa memilih dan mengirim gambar yang mereka inginkan dari hasil pencarian. Perlu diperhatikan jika GIF yang tersedia pada WhatsApp tidak dapat diedit. Oleh sebab itu, pengguna juga disarankan untuk memasukkan kata-kata ucapan lebaran secara terpisah di jendela percakapan.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *