Beryl Adi Candra Putra Aryanta – Macapat Bermanfaat Untuk Perjalanan Hidup

By: On: Dibaca: dibaca 55.63Rbx
Beryl Adi Candra Putra Aryanta – Macapat Bermanfaat Untuk Perjalanan Hidup

 

Kali ini perjuangan Beryl Adi Candra Putra Aryanta siswa kelas 6 SD Negeri 1 Purbalingga Lor menuai keberhasilan. Beryl berhasil memboyong pulang piala juara 1 Lomba Macapat Pekan Seni tingkat Kabupaten Purbalingga tahun 2017.

Sejak kelas 3, Beryl selalu maju dalam kompetisi bergengsi yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Kebudayaan Purbalingga. Namun, masih harus tersisih di babak semi final.

“Bangga sekali bisa juara, ini karena peran Ibu Kepala Sekolah dan para guru pembimbing Beryl, Piala ini menjadi bukti kebanggaan Beryl untuk sekolah,”ungkap anak pasangan Amino dan Pipin Winarno saat ditemui lintas24.com dan tabloid elemen di sekolahnya.

Beryl mengungkapkan, pertama kali belajar tembang macapat memang agak sulit melafalkan, karena perbedaan logat.  Harus mengerti guru gatra, guru wilangan dan guru lagunya.

“Belajar dan mau bertanya mungkin itu saja resepnya. Biar terus semangat,”ungkapnya.

Ia menyakini, melalui macapat, dapatlah  digali arti, maksud dan makna filosofi  yang mendalam  dalam setiap tembang, walaupun satu sama lainnya berbeda dan  mempunyai  tersendiri, namun satu sama lainnya merupakan rangkaian cerita yang tidak dapat dipisahkan. Disamping itu isi dari tembang-tembang Macapat mempunyai nilai-nilai relegius yang tinggi, sehingga nilai-nilai moralitas yang terkandung didalamnya mudah dipahami oleh penikmatnya.

“Harapannya, ya semoga dapat bermanfaat untuk perjalanan hidup saya,”ungkapnya. (mahendra yudhi krisnha)

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!