Beredar Info Grafis Proyeksi Perolehan Kursi Caleg DPRD Purbalingga

By: On: Dibaca: dibaca 65.95Rbx
Beredar Info Grafis Proyeksi Perolehan Kursi Caleg DPRD Purbalingga

Di Purbalingga PDIP Unggul, PKB Membayangi

Penghitungan suara pemilihan anggota DPRD Kabupaten Purbalingga dalam pemilu serentak tahun 2019 belum paripurna. Namun, banyak kalangan sudah membuat proyeksi-proyeksi perolehan kursi dan penempatan nama calon anggota legislatif yang bakal menduduki kursi wakil rakyat periode tahun 2019-2024.

Cyber media lintas24.com menermukan info grafis proyeksi yang sudah beredar di grup media social WhatsApp grup, facebook dan instagram. Empat parpol diperkirakan masuk empat besar perolehan suara. Masing-masing Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Partai Golongan Karya (Golkar).

Dalam info grafis itu, disebutkan 45 kursi DPRD Purbalingga akan terdistribusi masing-masing PDIP 10 kursi,  PKB 9 kursi, Partai Gerindra 7 kursi, Partai Golkar 6 Kursi, PAN dan PKS masing-masing 4 kursi, Partai Demokrat 2 kursi, PPP 2 kursi dan Nasdem 1.

Untuk PDIP memperoleh 10 kursi masing-masing di Daerah Pemilihan (Dapil) I sebanyak 1 kursi, Dapil II sebanyak 2 kursi, Dapil III sebanyak 2 kursi, Dapil IV 3 kursi dan Dapil V 2 kursi.

Untuk PKB, 9 Kursi yang terdistribusi ke Dapil I sebanyakv2 kursi, Dapil II 2 kursi, Dapil III sebanyak  2 kursi, Dapil IV  1 kursi dan Dapil V 1 kursi. Partai Gerindra diperkirakan memperoleh 7 Kursi, untuk Dapil 1 sebanyak 2 kursi, Dapil II sebanyak 1 kursi, Dapil III sebanyak  2 kursi, Dapil IV  1 kursi dan Dapil V 1 kursi. Sedangkan Partai Golkar 6 Kursi yang terdistribusi ke Dapil 1 sebanyak 1, Dapil II sebanyak 1 kursi, Dapil III sebanyak  2 kursi, Dapil IV 1 kursi dan Dapil V 1 kursi.

Warga Kedungmenjangan, Dwi Raharjo mengaku, rasa penasarannya sedikit terobati dengan melihat daftar proyeksi itu.

“Sedikit terobati, penasaran terus. Jagoannya yang didukung berhasil lolos apa tidak. Itu kan proyeksi, bisa betul  bisa tidak. Saya masih tetap menunggu hasil penghitungan resmi dari KPU,”ungkapnya.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Purbalingga Eko Setiawan ketika dikonfirmasi mengatakan pihaknya belum mengumumkan secara resmi perolehan suara final masing-masing parpol terutama untuk kursi DPRD Purbalingga.

“Proses penghitungan masih berlangsung. Tunggu saja pengumuman hasil resmi dari KPU. Masyarakat harus mau berlatih cerdas,” ujarnya.

Ketua DPC PDIP Purbalingga HR Bambang Irawan mengatakan pihaknya juga masih menunggu pengumuman resmi dari KPU Purbalingga. Menurutnya apapun hasilnya pihaknya mempercayakan kepada KPU dan jajarannya. Diungkapkan di Pemilu tahun 2014 PDIP menjadi pemenang  dengan 11 kursi.

“Di Pemilu 2019 perkiraan kami masih optimis mempertahankannya.  Kami masih menunggu penghitungan usai. Kami berharap masih menjadi pemenang dan mempertahankan kursi seperti di Pemilu sebelumnya,” tegasnya.

Terkait perolehan suara yang diraih, Bambang mengatakan  itu menunjukkan masyarakat Purbalingga  masih memberikan kepercayaan kepada PDIP.

“Terimakasih kepada seluruh jajaran strutural partai DPC,PAC,Ranting dan anak Ranting atas kerja kerasnya,para relawan  dan semua pihak yg sudah berjuang keras untuk kemenangan PDI Perjuangan,” ujar Caleg DPRD Purbalingga yang meraih suara tertinggi dengan 9.977 suara tersebut.

Melihat saat penghitungan di tingkat PPK lalu PDIP sempat unggul dengan 115.422 suara, dibayangi PKB dengan 90.646 suara, Partai Gerindra 71.114 suara dan Partai Golkar 68.360 suara.

 

 

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!