by

Berbagai Prestasi Diraih SMAN 1 Purbalingga

-Pendidikan-dibaca 185.05Rb kali | Dibagikan 177 Kali

Juara LKTI FH Unsoed

Selama kurun waktu satu tahun terakhir ini, berbagai prestasi, baik tingat kabupaten hingga nasional berhasil diraih SMA Negeri 1 Purbalingga.Perolehan prestasi akademik maupun nonakademik ini berkat kerja keras para siswa, guru dan orangtua siswa yang memiliki kepedulian besar untuk kemajuan pendidikan di sekolah favorit ini.

Salah satu guru SMAN 1 Purbalingga, Tri Joko Wahyono kepada ASPIRASI , Kamis (23/7) menginformasikan, salah satu siswa Klas XI yang baru saja naik ke kelas XII, yakni Karennina Samantha Shan menjadi finalis, mewakili Provinsi Jateng pada Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) dan National Schools Debating Championship (NSDC) tingat nasional di Ambon 7-13 Juni 2015.

“Ini prestasi yang sangat membanggakan, bahwa pendidikan di SMAN 1 Purbalingga mampu berbicara di tingkat nasional,” ujar Tri Joko Wahyono sambil menambahkan, sebelumnya prestasi-prestasi di tingkat nasional sering diraih siswa siswi SMAN 1 Purbalingga.

Prestasi lainnya, lanjut Tri Joko Wahyono, juara 1 dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) yang diselenggarakan oleh Asian Law Students Association Local (ALSA LC) Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, dengan tema: Penerapan Penjaminan Hak Asasi Manusia dalam Pasal 28 UUD 1945. Pada babak final lomba tersebut yang digelar Sabtu (25/4) di Aula Justitia 2 Fakultas Hukum Unsoed, Tim SMAN 1 Purbalingga mempresentasikan karya ilmiah berjudul “Advokasi lingkungan TPA Banjaran Desa Patemon Kecamatan Bojongsari Purbalingga”.

“Lomba itu diikuti berbagai SMA di wilayah Barlingmascakeb. Dan SMAN 1 Purbalingga menjadi juara satu, mengalahkan SMAN Bawang Banjarnegara yang menjadi juara 2, dan SMAN 2 Purwokerto yang menjadi juara ketiga,” ujar Tri Joko Wahyono.

Prestasi selanjutnya, ujar Tri Joko Wahyono, juara umum kedua pada Pekan Olah Raga Pelajar Daerah (POPDA) Purbalingga 2015, dan juara umum 1 pada Olimpiade/Olahraga Sekolah Nasional (O2SN) tingkat Kabupaten Purbalingga 2015.

Selain itu, juara tiga lomba paduan suara yang diselenggarakan Unsoed tahun 2015, juara dua tari berpasangan pada Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Provinsi Jateng tahun 2014 atas nama Anisa dan Ratih, dan pada FLS2N tahun 2015 menjadi juara tiga.

“Yang lebih membanggakan lagi, ada tiga siswa SMAN 1 Purbalingga yang menjadi finalis Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2014, yang digelar di Mataram untuk bidang bidang Geografi,Kimia, dan komputer. Khusus untuk bidang komputer atas nama Prasojo merah medali perunggu. Sedangkan pada tahun 2015, sebanyak 23 siswa terbaik mewakili Kabupaten Purbalingga pada OSN tingkat Provinsi Jateng,” ujar Tri Joko Wahyono.

Tri Joko Wahyono juga mengatakan, untuk menjaring siswa berprestasi agar menjadi siswa SMAN 1 Purbalingga, pihaknya setiap tahun sekali menggelar Lomba Social and Sains tingkat SMP/MTs Kabupaten Purbalingga. Para juara dari lomba ini, diberi prioritas menjadi siswa SMAN 1 Purbalingga. Bahkan, bagi mereka yang tidak mampu, diberi keringanan biaya, bahkan gratis menempuh pendidikan di SMAN 1 Purbalingga.

Comment

Berita Lainnya