Bendung Slinga Tunggu Amdal Pengembangan

By: On: Dibaca: dibaca 86.69Rbx
Bendung Slinga Tunggu Amdal Pengembangan

Realisasi pembebasan tanah untuk pengembangan Bendung Slinga pada tahun 2015 ini masih dibahas oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Serayu Opak. Ini terkait dengan belanja anggaran dalam bentuk hibah yang akan disalurkan dsalam bentuk lahan. Pembebasan lahan itu juga masih menunggu telaah Amdal.

“Saat ini DED sudah klir dan tinggal menunggu hasil telaah Amdal yang sedang dilakukan. Jika semua sudah klir, telaah Amdal akan digunakan sebagai dasar teknis melihat lokasi tanah dan lainnya,” tutur Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Purbalingga, Ir Sigit Subroto MT  kepada Lintas24.com.

Menurutnya, pembebasan tanah yang terdampak pengembangan daerah irigasi Slinga tetap dimulai tahun 2015, namun masih menunggu pembentukan tim dari lintas instansi. Jika tim sudah dibentuk, maka akan ditunjuk tim penaksir harga tanah yang dibebaskan.

Berdasarkan nota kesepahaman (MoU), anggaran untuk pembebasan lahan akan ditanggung pusat Rp 42 miliar, provinsi Rp 21 miliar dan kabupaten Rp 21 miliar. “Bentuknya dana hibah dan kami masih berkoordinasi dengan provinsi dan pusat meski sudah ada MoU pembagian dana itu. Tujuannya agar jelas, pengelolaan dan belanja dana itu akan dilakukan oleh pihak mana. Kabupaten, provinsi atau pusat,” rincinya.

Jika alur pengelolaan dana sudah jelas, maka akan dibentuk tim penaksir dari pihak ketiga yang independen. Tim akan menaksir harga dan alokasi anggaran yang ada bisa terserap maksimal dalam tahun anggaran 2015 ini.

Data yang dihimpun Radarmas, lahan yang akan dibebaskan sekitar 76 hektar. Instansi yang akan dilibatkan dalam tim termasuk Badan Pertanahan, DPU, Bappeda, Bagian Tata Pemerintahan dan lainnya.

Nantinya jika pengembangan bendung rampung, jaringan irigasi tersebut mampu mengaliri lahan pertanian seluas 6.969 hektar di sejumlah kecamatan. Diantaranya Kecamatan Kaligondang, Bukateja, Kemangkon dan Kecamatan Kalimanah.

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!