Bencana Alam di Purbalinga Rusak Empat Jembatan

By: On: Dibaca: 13,907x
Bencana Alam di Purbalinga Rusak Empat Jembatan

Setidaknya empat jembatan di Kabupaten Purbalingga mengalami kerusakan akibat hujan dan angin kencang yang turun dalam pada bulan lalu. Keempatnya yaitu jembatan Kali Muli di Desa Tunjungmuli Kecamatan Karangmoncol, jembatan Kali Caban di Desa Panusunan Kecamatan Rembang, jembatan Kali Karang di Desa Makam Kecamatan Rembang dan jembatan pada ruas jalan Pagerjirak-Karanggedang Desa Kutawis Kecamatan Bukateja.

“Bencana alam yang terjadi membuat kerusakan bangunan dan infrastruktur,”ungkap Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU PR) Kabupaten Purbalingga, Nugroho Priyo Pratomo menyebutkan,

Dia merinci, untuk jembatan Kali Muli di Tunjungmuli, kerusakan berupa pilar menggantung karena bagian dasar fondasi tergerus arus sungai. Untuk rencana darurat, pihaknya akan melakukan perbaikan pilar. Namun demikian, dari hasil analisisnya, jembatan itu sudah tidak layak. Tahun depan akan diusulkan penggantinya dengan membangun jembatan baru.

“Yang Kali Karang masih berfungsi karena hanya sayapnya yang ambrol. Tapi tahun ini ada anggaran perbaikan. Yang tiganya tidak boleh dilintasi kendaraan karena sangat berbahaya. Jadi harus ditutup,” katanya, Senin (1/4).

Ia menjelaskan, jembatan di Kutawis, kerusakan terjadi hingga separuh jalan. Untuk penanganan darurat, pihaknya akan memasang gorong-gorong baja atau armco. Namun demikian, ke depan jembatan itu harus diperbaiki secara permanen.

“Kalau yang Kali Caban, itu putus total. Abutmen retak dan sayap ambrol. Untuk sementara, kami berkoordinasi dengan  BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) akan masang jembatan darurat,” katanya.

 

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!