by

Belajar dari Covid 19, Tema Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2020

-Pendidikan, Update-dibaca 47.10Rb kali | Dibagikan 3,884 Kali

Tema Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2020 adalah Belajar dari Covid 19. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia telah meluncurkan logo yang dilambangkan dengan sebuah bintang, Bintang Pendidikan.

Logo dibentuk dari 3 elemen yang terdiri dari Bintang, Keceriaan dan Pena. Dengan masing-masing elemen menggambarkan Hari Pendidikan Nasional 2020 untuk melahirkan generasi berprestasi. Logo ini memancarkan semangat yang begitu nyata. Pilihan warna dari logo ini memiliki makna semangat kreatifitas dan inovasi generasi muda dalam memaksimalkan potensi intelektualnya.

Semangat yang digambarkan pada logo ini dilambangkan dari warna yang memiliki makna semangat kreatifitas dan inovasi generasi muda dalam memaksimalkan potensi intelektualnya. Logo dibentuk dari 3 elemen yang terdiri dari Bintang, Keceriaan dan Pena.

Makna dari masing-masing ketiga elemen logo Hardiknas sebagai berikut:

Bintang, menggambarkan semangat Hardiknas yang selaras dengan visi dan misi pemerintah untuk melahirkan generasi Indonesia yang cerdas berkarakter. Dengan garis luwes menggambarkan semangat adaptif dan tangguh menghadapi perubahan zaman yang sangat dinamis.

Keceriaan, menggambarkan suasana pendidikan Indonesia yang menggembirakan, penuh dengan antusiasme, dan gotong royong serta partisipasi publik.

Pena, menggambarkan proses pendidikan sebagai sebuah proses penciptaan mahakarya yang memerlukan perpaduan holistik antara kemampuan intelektual, emosional, dan spritual dalam pelaksanaan

Hari Pendidikan Nasional sendiri ditetapkan pemerintah Indonesia untuk memperingati kelahiran Ki Hadjar Dewantara yaitu pada tanggal 2 Mei.

Ki Hadjar Dewantara merupakan tokoh pelopor pendidikan di Indonesia dan pendiri lembaga pendidikan Taman Siswa. Ki Hadjar Dewantara juga merupakan pahlawan nasional yang dihormati sebagai bapak pendidikan nasional di Indonesia.

 

Comment

Berita Lainnya