Menu
Media Online Terpercaya

Begini Cara Mengetahui Situs Web Palsu agar Terhindar dari “Scam”

  • Share
Foto: kebondigital.com

Berselancar di dunia maya kini menjadi salah satu kegiatan yang sudah melekat di kehidupan masyarakat sehari-hari. Apalagi di zaman serba digital saat ini, segala informasi bisa dengan mudah didapatkan di internet. Saat menjelajahi internet, penting bagi pengguna untuk mengakses situ-situs yang kredibel dan aman.

Baca Juga: Sekarang Google Lens Bisa Terjemahkan Teks dari Screenshot

Pasalnya, kejahatan siber kerap menjadi ancaman bagi para pengguna internet. Ada banyak jenis ancaman siber, salah satunya adalah scam. Scam merupakan bentuk penipuan di era digital.

Baca Juga: Google Chrome Bisa Lihat Pencuri Password dan Peringatkan Pengguna yang Dicuri

Para pelaku kerap menggunakan website palsu untuk mengelabui korban. Tujuan pembuatnya macam-macam, mulai dari mencuri uang seperti situs bank palsu, mencuri informasi pribadi, dan lain-lain. Nah, kali ini KompasTekno merangkum sejumlah cara untuk mengenali website kredibel atau tidak, agar pengguna internet terhindar dari scam.

Nama domain

Pengguna perlu jeli menelaah nama domain yang digunakan oleh situs web. Bila situs web menggunakan nama domain yang meniru situs terkenal, menggunakan tanda hubung, atau pun simbol-simbol yang tak lazim, ini merupakan pertanda bahwa situs tersebut tidak kredibel. Contohnya seperti nama domain Amaz0n atau NikeOutlet.

Ketiga, bila url situs tersebut menggunakan top-level domain (TLD) seperti .biz dan .info, maka situs tersebut patut dicurigai.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *