Bawaslu Purbalingga Catat Sebanyak 13.258 Surat Suara Tak Lolos Sortir

By: On: Dibaca: 18,117x
Bawaslu Purbalingga Catat Sebanyak 13.258 Surat Suara Tak Lolos Sortir

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Purbalingga mencatat, sebanyak 13.258 surat suara yang sudah diterima oleh KPU Kabupaten Purbalingga tidak lolos sortir. Jumlah surat suara dari KPU RI secara keseluruhan berjumlah 3.836.281.

Dirinci surat suara yang dinyatakan tidak lolos sortir tersebut dengan rincian, Surat Suara Presiden dan Wakil Presiden 1.262, Surat Suara DPD 3.226, Surat Suara DPR RI 3.477, Surat Suara DPRD Provinsi 2.755, serta Surat Suara DPRD Kabupaten 2.538.

“Bawaslu Purbalingga telah melakukan Pengawasan sejak 18 Maret kemarin oleh Bawaslu. surat suara yang tidak lolos sortir tersebut disebabkan oleh surat suara sobek, tidak ada gambar calon. Tidak ada logo, adanya bercak noda, warna pudar dan juga karena logo terbalik sehingga saat dilipat tidak kelihatan logonya,”ungkap Misrad, Komisioner BawasluPurbalingga Divisi Pengawasan, Humas dan Hubungan Antar Lembaga

Untuk itu, Bawaslu Purbalingga mendorong kepada KPU Purbalingga agar segera meminta Surat Suara kepada KPU Pusat sebagai penggantinya, mengingat waktu Pemilu yang sudah semakin dekat

“Ya segera saja, KPU Purbalingga untuk memenuhi kebutuhan kekurangan surat suara oleh karena adanya beberapa faktor yang menyebabkan tidak lolos sortir tersebut,” katanya

Komisioner KPU Purbalingga Divisi Sosialisasi Peran Serta Masyarakat dan SDM, Andri Supriyanto mengatakan surat suara yang tidak lolos sortir akan kita cek kembali apakah suarat suara tersebut benar-benar rusak atau dikarenakan kekurangtelitian penyortir dalam menyortir surat suara.

“ Bersama Bawaslu nantinya, KPU akan mengecek lagi surat suara yang tidak lolos sortir. Kita juga telah melaporkan kepada KPU RI terkait dengan permintaan surat suara sebagai pengganti surat suara yang tidak lolos sortir. Terkait dengan pemenuhan kartu suara kita optimis bisa terpenuhi, karena satu hari kita bisa melipat kurang lebih 20 ribu kartu suara,” katanya.

Kebutuhan surat suara untuk pemilu tahun 2019 di Kabupaten Purbalingga secara keseluruhan berjumlah 3.836.281 surat suara. Jumlah tersebut dengan rincian terdiri dari Presiden dan Wakil Presiden sebanyak 767.256 surat suara, DPD Jawa Tengah sebanyak 767.256 surat suara, DPR RI sebanyak 767.256 surat suara , DPRD Provinsi sebanyak 767.256 surat suara, DPRD Kabupaten sebanyak 767.257 surat suara.

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!