Bawakan Tarian Ranggawis, Siswa SMA N 1 Purbalingga Juara 1 Jateng 

By: On: Dibaca: dibaca 4.88Rbx
Bawakan Tarian Ranggawis, Siswa SMA N 1 Purbalingga Juara 1 Jateng 

Lima siswa putri SMA N 1 Purbalingga berhasil mendapatkan Juara 1 Tingkat Provinsi Lomba Tari Kreasi Tradisi yang berlangsung di Pekan Raya dan Promosi Pembangunan (PRPP) Jawa Tengah.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Yuliani mengatakan tari kreasi yang dilombakan pada tingkat provinsi yakni Tari Ranggawis yang merupakan ciptaan dari Susi Purbalingga. Proses latihan tari tersebut membutuhkan waktu tiga bulan karena merupakan tari kreasi yang baru dengan pembimbing dari SMA N 1 Purbalingga yakni Gita Atika.

“Untuk latihan tari bisa sampai tiga bulan karena diawali pembuatan musik dulu karena musiknya kan baru, kemudian bentuk tariannya sampai dengan bentuk pakaian dan peragaannya sampai jadi sekitar 3 bulan,” kata Yuli saat dihubungi, menggunakan aplikasi daring, Kamis (18 Juli 2019).

Personel tari yang mengikuti Lomba Tari Kreasi Tradisi dari SMA N 1 Purbalingga menurunkan. Dari ekskul tari tersebut setiap minggu terdapat pelatihan tari tapi untuk persiapan lomba peserta didik dilatih lebih intensif dan perwakilan tari yang ikut diseleksi terlebih dahulu.

“Kalau ada lomba, persiapan lomba itu mereka akan lebih intensif dan mereka itu dipilih dulu dari ekskulnya,” ujarnya.

Ia menjelaskan SMA N 1 Purbalingga sejak dulu memiliki visi misi mengedepankan prestasi. Namun berjalannya waktu SMA N 1 Purbalingga tidak hanya mengedepankan prestasi akademik tetapi juga prestasi non akademik seperti prestasi olahraga, prestasi seni dan lainnya.

“Kita tetap mendukung artinya SMA N 1 Purbalingga tidak hanya fokus dengan akademik, termasuk seni dan bidang lainnya sangat kita dukung,” tandas Yuli.

 

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!