by

Barung Putra MIN 3 Purbalingga Unjuk Gigi di Persari Kwarda Jateng 2020

-Pendidikan, Update-dibaca 3.96Rb kali | Dibagikan 35 Kali

Barung Putra Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 3 Purbalingga tampil gemilang di Pertemuan Pramuka Siaga Sehari (Persari) Gerakan Pramuka Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Tengah tahun 2020. Nanda-nanda ini berhasil mengumpulkan nilai 755 dan berhak menempati peringkat kedua dalam kegiatan bergengsi golongan Pramuka Siaga yang kali pertama dilaksanakan dalam jaringan (daring).

Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Purbalingga, Subeno melalui Wakil Ketua Pembinaan Anggota Muda, Sutarko mengungkapkan, prestasi yang menggembirakan ini merupakan kerjasama yang baik Kwarran, Kamabigus, Bina Damping, Ketua Kontingen, seluruh Andalan dan peserta.

“Kami mengapresiasi kerjasama pembinaan yang terarah. Semoga prestasi yang baik dapat dipertahankan dan harus ditingkatkan. Untuk barung Putri yang belum berhasil, jangan berkecil hati. Tetap semangat dan terus berlatih,” ungkapnya usai upacara penutupan Persari yang dilaksanakan secara daring di Sanggar Bakti Pramuka seperti dikutip media siber lintas24.com dari laman pramukapurbalingga.id, Sabtu (5 Desember 2020)

Ketua Kontingen Persari, Danis Purwiastuti mengaku bangga dengan kekompakan tim dalam menyelesaikan tugas-tugas tantangan.

“Terima kasih barung Putra MIN 3 Purbalingga. Kalian hebat dan luar biasa. Sekali lagi terima kasih atas kerjasamanya untuk Kamabigus dan para Bina Damping,” ungkapnya

Ia menambahkan, Persari ini bertujuan memberikan penghargaan bagi Pramuka Siaga yang berprestasi di Pesta Siaga Binwill. Program kerja Kwarda Jateng ini mengangkat tema cerdas, ceria, berani dan bersaudara.

“Kegiatan ini diselenggarakan secara kombinasi daring dengan menggunakan aplikasi WhatsApp dan Zoom. Semuanya dilaksanakan di rumah atau di sekolah masing-masing,” ungkapnya

Kemudian lanjutnya, Kamis-Jumat (3-4 Desember 2020) berupa kegiatan menjelajah tantangan yang dibantu orangtua dan Pembina. Jumat (4 Desember 2020) merupakan batas waktu pembina mengunggah hasil karya. Dilanjutkan ceritaku, pesertanya adalah 6 pinrung perwakilan peserta dan diakhiri dengan upacara penutupan

Baca Juga:  Purbalingga Tuan Rumah Pesta Siaga Binwil Banyumas 2020

“Pembuatan karya itu menggunakan aplikasi Youtube, semuanya dilakukan ditempat terbuka dengan memperhatikan protokol pencegahan Covid-19,” ungkap Danis yang juga Andalan Cabang Urusan Siaga Putri Kwarcab Purbalingga.

Kebanggaan yang sama diungkapkan Andalan Cabang Urusan Siaga Putra, Purwono. Dikatakan, prestasi ini menjadi hadiah kebanggaan bagi Kwarcab Purbalingga di akhir tahun 2020.

“Semoga Nanda-nanda terus mencintai Pramuka, dan jadikan prestasi ini sebagai pemacu semangat belajar dan dapat meningkatkan kreativitas keberanian keterampilan pengetahuan dan rasa persaudaraan,” ungkapnya

Untuk diketahui, Persari ini merupakan wadah bagi Pramuka Siaga Jawa Tengah untuk berkreasi dan berbagi. Sebenarnya setiap kontingen Kwarcab mengirim masing-masing satu barung putra dan putri. Karena Kwarcab Purbalingga juga meraih juara 3 barung Putra pada Pesta Siaga Binwil Banyumas Tahun 2020.

Maka kontingen Kwarcab Purbalingga mengirimkan dua barung putra yakni dari Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 3 Purbalingga dan SD Negeri 3 Makam serta satu baru putri dari SD Negeri 1 Tunjungmuli Karangmoncol. Namun, karena ada kasus pandemic Covid-19 maka SD Negeri 3 Makam menyatakan tidak mengikuti kegiatan Persari.

Untuk hasil peringkat dalam Persari secara berurutan untuk Barung Putra; Pertama diraih Kwarcab Banyumas dengan mengumpulkan nilai 786, kedua Kwarcab Purbalingga (775), ketiga Kwarcab Semarang (765). Sedangkan untuk Barung Putri, peringkat satu diraih Kwarcab Purworejo dengan mengumpulkan nilai 777, kedua diraih Kwarcab Banyumas (765) dan di peringkat ketiga ditempati Kwarcab Kebumen dengan mengumpulkan nilai 752.

 

 

Comment

Berita Lainnya