Banyumas Digoyang Gempa Darat M 3,5

By: On: Dibaca: dibaca 7.31Rbx
Banyumas Digoyang Gempa Darat M 3,5

Gempa bumi dengan magnitudo 3,5 SR guncang wilayah Banyumas, Jawa Tengah pukul 20.11 WIB. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG)  memberikan penjelasan terkait gempa Banyumas tersebut.

Staff Observasi Stasiun Geofisika BMKG Yogyakarta, Ari Sungkowo menjelaskan, pusat gempa berada 24 kilometer barat laut Banyumas. Dengan titik koordinat 7,24 Lintang Selatan (LS) dan 109,10 Bujur Timur (BT). Lokasi 24 km barat laut Banyumas. Untuk kedalaman pusat gempa adalah 228 kilometer

Gempa tersebut merupakan gempa menengah. Terjadi pada subduksi lempeng bagian dalam. Semakin ke arah utara kedalaman subduksi semakin dalam. Gempa berdasarkan kedalaman hiposenternya, diklasifikasikan sebagai gempa dangkal, menengah, dan dalam. Gempa dangkal dengan kedalaman kurang dari 60 km, gempa menengah 60-300 km, dan gempa dalam dengan kedalaman hiposenter lebih dari 300 km.

“Berdasar epicenternya (gempa Banyumas) merupakan gempa darat. Tetapi sumber pembangkit gempa tersebut akibat subduksi dalam,” jelasnya.

 

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!