Bambang Soesatyo Menilai Wajar Jika PDIP Ingin Menteri Terbanyak

By: On: Dibaca: dibaca 25.53Rbx
Bambang Soesatyo Menilai Wajar Jika PDIP Ingin Menteri Terbanyak

Politisi Partai Golongan Karya (Golkar) Bambang Soesatyo menilai pidato Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri yang meminta jatah menteri terbanyak sebagai hal wajar. Dia menilai pidato Megawati sebagai bentuk penyemangat dari Ketum ke para kader.

Baca Juga : Megawati Minta Jatah Kursi Menteri. Jokowi Pastikan Terbanyak.

“Harapan Bu Mega dalam pidato kemarin menurut saya wajar-wajar saja, sebagai Ketum parpol yang menyemangati para kadernya dan menghargai kerja keras kadernya dalam pemilu pemenangan presiden, memenangkan kursi legislatifnya,” ujar Bamsoet Jakarta Pusat, Jumat (9 Agustus 2019).

Baca Juga : Soal Kursi Menteri. Puan Maharani : Ya lihat lagi nanti ya, tunggu nanti

Selain itu, ia mengatakan nama-nama yang disodorkan PDIP terbilang bagus. Menurutnya, nama-nama itu masuk dalam klasifikasi susunan menteri Presidan Joko Widodo untuk periode kedua.

Baca Juga : Joko Widodo-Ma’ruf Amin Diingatkan NasDem Parpol Pengusung Bukan Hanya PDIP

“Sejauh calon yang disodorkan, menurut saya pribadi itu masuk dalam klasifikasi daripada menteri yang diharapkan Pak Jokowi bisa men-drive pemerintahannya lima tahun ke depan yang harus jauh lebih sukses lagi,” katanya.

Bamsoet juga menyinggung pidato Megawati yang bicara mengenai kursi Ketua DPR. Menurut Bamsoet, memang selayaknya kursi Ketua DPR milik PDIP bila mengacu pada Undang-Undang tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD (MD3).

Baca Juga : Kongres PDI Perjuangan di Bali Rekomendasikan Pemisahan Pileg dan Pilpres

“Menurut saya, saya adalah pihak yang menggoalkan UU MD3 terjadi perubahan UU MD3 dan dimana memang sudah seharusnya PDIP menempati Ketua DPR sebagai partai pemenang pemilu,” kata Bamsoet.

Megawati sebelumnya memberikan pernyataan terbuka yang cukup gamblang mengenai ‘syarat’ masuknya PDIP dalam kabinet periode kedua Jokowi. PDIP harus menjadi partai dengan jumlah menteri terbanyak di kabinet.

“Ini di dalam kongres partai, Bapak Presiden, saya meminta dengan hormat bahwa PDIP akan masuk dalam kabinet dengan jumlah menteri harus terbanyak,” kata Mega.

Jokowi langsung menjawab permintaan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri mengenai jumlah menteri dari Partai Banteng yang harus terbanyak. Jokowi, yang juga kader PDIP, menjamin partainya akan mendapatkan porsi terbesar di kabinet.

“Mengenai menteri, tadi Bu Mega kan menyampaikan jangan empat dong. Tapi kalau yang lain dua, tapi PDIP empat kan sudah dua kali (lipat),” tutur Jokowi.

 

 

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!