by

Bagikan Jamu Tradisional, Ini Upaya Polres Purbalingga Terapkan Protokol Pencegahan Covid-19

-Daerah, Update-dibaca 7.38Rb kali | Dibagikan 37 Kali

Edukasi penerapan protokol pencegahan Covid-19 kepada masyarakat harus digencarkan. Seperti yang dilakukan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Purbalingga, terus memberikan pembinaan dan penyuluhan dengan menampilkan wayang orang, di jalan Ir Soekarno depan Pendapa Dipokusumo Purbalingga, Jumat (18 September 2020). Kegiatan ini dikolaborasikan dengan operasi yustisi yang melibatkan unsur TNI,  Dishub, Satpol PP dan PT Jasa Raharja (Persero).

Bermacam papan imbauan juga diusung oleh para Polwan untuk mengedukasi masyarakat, diantaranya; Ayo bersama cegah covid-19, wong sehat uripe bungah, budayakan cuci tangan sebelum dan setelah beraktifitas, wajib gunakan masker saat keluar rumah, ayo maskeran jaga jarak sering wisuh nganggo sabun, budayakan minum jamu, nginum jamu bablas covid’e dan badan sehat jiwa kuat.

Suasana bertambah meriah ketika Kepala Unit Pendidikan dan Rekayasa (Kanit Dikyasa) Iptu Muslimun yang memerankan tokoh punakawan Semar dan Bripka Teguh Riyanto memerankan tokoh Petruk ikut turun memberikan imbauan dengan jenaka.

Kasat Lantas Polres Purbalingga, AKP Indri Endrowati mengatakan, kegiatan ini merupakan pendidikan dan penyuluhan kepada masyarakat dengan mengusung tema ‘Minum Jamu-Ne, Bablas Covid-E’. Pihaknya terus lakukan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang protokol kesehatan. Tujuannya agar masyarakat bisa berperan aktif mencegah penyebaran Covid-19 dengan taat terhadap protokol kesehatan

“Ini sekaligus satu rangkaian kegiatan memperingati HUT ke-65 Satlantas di Polres Purbalingga. Kami siapkan dan bagikan secara gratis 500 gelas jamu tradisional yang terbuat dari empon-empon. Dengan minum jamu diharapkan dapat meningkatkan kekebalan tubuh guna pencegahan penularan covid-19,” ungkapnya.

Pembagian jamu, menurut AKP Indri, dinilai sangat efektif. Masyarakat terlihat sangat antusias. Momen kedekatan tersebut dimanfaatkan untuk mensosialisasikan tertib berkendara.

“Kita terus mengedukasi masyarakat untuk disiplin menaati protokol kesehatan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya memakai masker, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan Pakai masker, serta konsumsi makanan atau minuman sehat juga perlu dilakukan untuk hidup sehat,” katanya. (Dwiyani Sukmajati)

Editor: Mahendra Yudhi Krisnha

Comment

Berita Lainnya