Ayo Waspada, Rawan Bencana Alam Hingga Februari 2018

By: On: Dibaca: dibaca 22.29Rbx
Ayo Waspada, Rawan Bencana Alam Hingga Februari 2018

 

Hujan deras dan angin kencang masih akan terjadi hingga Februari 2018. Oleh karena itu, masyarakat di wilayah rawan bencana, baik longsor maupun banjir dihimbau untuk tetap waspada.

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bandana Daerah (BPBD) Kabupaten Purbalingga, Muksoni menjelaskan, berdasarkan pengalaman sebelum-sebelumnya, dipetakan terdapat di 36 desa dari 11 kecamatan yang rawan bencana banjir akan terdampak. Diantaranya Desa Gratung, Pakiringan, Bantarbarang, Karangjambu. Sedangkan bencana longsor,  terdapat di 65 desa dari 13 kecamatan, diantaranya Karangreja, Rembang, Karangjambu.

“Ada 36 desa dari 11 kecamatan yang rawan banjir, dan 65 desa dari 13 kecamatan yang rawan longsor,” ungkapnya kepada lintas24.com, Rabu (8 November 2017).

Muksoni menambahkan, BPBD Purbalingga terus melakukan komunikasi dengan Stasiun Klimatologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Jawa Tengah. Data yang kami terima nantinya akan diteruskan kepada pihak-pihak terkait di Kecamatan.

“Ya, diprediksi masih akan terjadi sampai pertengahan Februari 2018. Sampai saat ini statusnya masih siaga darurat, sejak Oktober sampai Februari. Jika dalam kurun waktu itu ada peristiwa besar kita tetapkan menjadi darurat bencana,” tuturnya

Muksoni mengimbau kepada masyarakat yang berada di daerah rawan bencana, baik longsor maupun banjir untuk mengingkatkan kewaspadaan. Karena potensi bencana masih bisa terjadi di Purbalingga.

“Bagi yang berada di dekat lereng, tebing, hendaknya mengecek kondisi, jika ada retakan bisa diantisipasi. Pohon-pohon besar yang membahayakan,bisa dipangkas ranting-rantingnya,” imbuh Muksoni. (muhammad noor)

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!