Asupan Nutrisi Untuk Pekerja Lembur

By: On: Dibaca: dibaca 110.34Rbx
Asupan Nutrisi Untuk Pekerja Lembur
Ketika Anda mengambil jam kerja ekstra, Anda memerah tubuh sendiri. Oleh karenanya, asupannutrisi mesti terjaga dengan baik. Inilah yang mesti Anda, pekerja lembur, catat dan terapkan.
Sebelum lembur
Jika Anda telah memperkirakan akan lembur di hari esok, perhatikan makan Anda sehari sebelumnya. Jangan lewatkan makan malam dan sarapan. Berfokuslah pada makanan segar (bukan olahan, apalagi makanan cepat saji), bisa berupa daging ayam, ikan-ikanan, telur, sayuran yang banyak, dan gandum atau biji-bijian. Formulanya, dalam satu piring, pastikan setengahnya merupakan sayuran, seperempat protein, dan sisanya gandum atau biji-bijian. Lengkapi asupan nutrisiAnda dengan – setidaknya – dua buah setiap hari.
Selama lembur
Inilah jam-jam terberat pekerja lembur. Oleh karenanya, perkuat diri dengan asupan makanan tinggi protein dan serat. Mengapa? Karena makanan itulah yang akan memberikan pasokan energi secara kontinu. Opsi yang menarik adalah dengan mengkonsumsi salad (bisa sayuran maupun buah), atau yoghurt yang dipadukan dengan sereal gandum. Paling tidak, ada sedikitnya lima gram serat di makanan Anda. Secara garis besar, Anda mesti makan setiap empat jam untuk menjaga gula darah dan energi dalam tingkat yang tepat. Tapi, tentunya Anda ingin menghindari gula dan lemak. Jangan sampai lembur membuat Anda kelebihan berat badan!
Kacang-kacangan adalah asupan nutrisi yang menjadi sahabat pekerja lembur. Ketika lembur, tubuh membutuhkan energi dan ‘lapar’ karbohidrat. Dan kacang adalah jawabannya. Ia mengandung lemak jenuh, serat, dan protein, serta dapat membuat tubuh merasa kenyang dengan cepat.
Satu hal lagi yang perlu diperhatikan adalah soal hidrasi. Pastikan Anda tidak merasa haus. Air mineral adalah asupan nutrisi terbaik. Tapi, jika Anda menginginkan rasa manis, silakan konsumsi jus buah segar.
Setelah lembur
Pekerja lembur membutuhkan asupan nutrisi bahkan setelah kerja berakhir. Konsumsilah makanan ringan, dan lakukan segera untuk menghindari makan sebelum tidur (proses pencernaan akan membuat Anda susah tidur). Idealnya, Anda sudah mengkonsumsi makanan ringan dua jam sebelum lembur usai. Selamat lembur!

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!