ASN Diingatkan untuk Hindari Pungli

By: On: Dibaca: dibaca 62.92Rbx
ASN Diingatkan untuk Hindari Pungli

wabup berikan pengarahan di kec mrebet1

Seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dijajaran Pemerintah Kabupaten Purbalingga diminta mengedepankan integritas dan profesionalisme saat melayani masyarakat. ASN juga harus menghindari praktik pungutan liar (pungli).

“Sebagai pelayan masyarakat, kita berkewajiban memberikan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat, bukan malah mempersulit bahkan melakukan praktik pungutan liar,” kata Wakil Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi saat memberikan pengarahan pada apel pagi jajaran ASN di Kecamatan Mrebet, Rabu (25/1).

Wabup mengungkapkan, Pemkab Purbalingga telah membentuk Tim Saber Pungli (Sapu Bersih Pungutan Liar). Keputusan pembentukan itu telah ditandatangani oleh Bupati dan dalam waktu dekat akan dikukuhkan. Tim Saber Pungli diketuai oleh Waka Polres Purbalingga. “Tim ini tidak hanya menyasar pada pelayanan publik seperti pelayanan SIM, pelayanan E-KTP, pelayanan Kartu Keluarga,  pelayanan Samsat, tetapi juga pelayanan lain yang dimungkinkan terjadinya pungli,” kata Wabup Tiwi.

Wabup juga meminta peran serta masyarakat untuk melaporkan jika merasa mendapat pengutan yang tidak semestinya. “Jika ada pungutan diluar ketentuan, maka segeralah melaporkan kepada pimpinan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) tempat pelayanan publik, atau melaporkan ke tim Saber Pungli,” pinta Wabup.

Wabup juga meminta kepada pemerintah desa untuk tidak memungut sumbangan Pologoro pada jual beli tanah. Pelayanan pengurusan administrasi jual beli tanah di desa tidak ada pungutan liar. “Pungutan Pologoro di desa sudah tidak ada lagi, jangan sampai pungutan ini terjadi dengan dalih sumbangan apapun. Saya meminta kepada camat untuk mensosialisasikan keberadaan Tim Saber Pungli dan juga mengingatkan kepada semua petugas pelayanan publik untuk memberikan pelayanan sebaik mungkin dengan prinsip cepat, murah dan profesional,” pinta Wabup Tiwi.

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!