by

Arus Lalu Lintas Libur Idul Adha Naik Dibandingkan Tahun Lalu

-Daerah, Update-dibaca 5.45Rb kali | Dibagikan 12 Kali

Arus lalu-lintas liburan Idul Adha 1441 H tahun ini, mengalami kenaikan sekitar 39% dibandingkan tahun kemarin. Pasalnya, liburan kali ini sampai tiga hari yakni mulai Jumat (31 Juli 2020) hingga Minggu (2 Agustus 2020). Sementara, liburan Idul Adha tahun lalu hanya satu hari saja.

“Liburan Idul Adha tahun ini, mobilitas dan aktifitas masyarakat sedikit lebih meningkat. Sehingga, arus lalu-lintas mengalami peningkatan,” tandas Wakapolri Komjen (Pol) Gatot Eddy Pramono saat memantau pengamanan Libur Hari Raya Idul Adha 1441 H di Exit Tol Brebes Timur (Brexit)

Wakapolri yang didampingi beberapa  jajaran perwira tinggi Mabes Polri.menambahkan, berdasarkan laporan dari Kapolda Jateng, saat ini kondisi arus lalu-lintas di jalur tol relatif  masih normal. Namun, hanya ada peningkatan sedikit yakni sekitar 20%.

“Kenapa hanya 20% peningkatan arus lalu lintas yang masuk ke jalur tol yang masuk wilayah Jateng, karena sudah terpecah ada yang menuju ke arah Jabar, atau pun sudah keluar ke Subah, Purwakarta dan Sumedang maupun arah lainnya  dari arah Jakarta,” papar Wakapolri yang didampingi pula Kapolda Jateng Irjen (Pol) Ahmad Lutfi

Ia menambahkan, berdasarkan pantauan dari udara, situasi arus lalu-lintas sangat normal dan tidak ada hambatan sama sekali. Begitu juga secara nasional,  laporan yang diterima sampai hari ini tidak ada lakalantas maupun gangguan kamtibmas  yang menonjol.

“Kita sudah menyiapkan pula langkah-langah antisipasi melalui kegiatan operasi patuh kepolisian dengan melibatkan kurang lebih 160 ribu personel Polri. Tentunya dengan bekerja sama dan bersinergi bersama teman-teman TNI, Pemda dan lain sebagainya,” tandas Wakapolri.

Wakapolri mengemukakan, Polri juga mengedepankan upaya-upaya  kegiatan yang persuasif dan humanis dalam rangka tugas-tugas preentif dan preventif.

“Langkah penegakan hukum akan kita lakukan, kalau memang ada pengemudi kendaraan yang membahayakan terhadap keselamatan orang lain. Namun, tetap diawali dengan langkah-langkah yang persuasif dan humanis,” papar Wakapolri.

Ia menuturkan, tentunya hal yang penting juga dalam pengamanan ini, tetap mempedomani protokol kesehatan Covid-19 untuk anggota Polri yang mempunyai hal-hal.mendasar, yaitu  mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak.

“Hal tersebut harus dijaga betul pada anggota Polri. Juga mengingatkan kepada masyarakat yang melakukan kegiatan pulang kampung atau ke obyek wisata untuk tetap menjaga protokol kesehatan Covid-19,” tuturnya

 

 

Comment

Berita Lainnya