by

Arif-Rista Bakal Andalkan Program Kartu Kebumen Sejahtera

-Politik, Update-dibaca 7.04Rb kali | Dibagikan 56 Kali

Calon Bupati dan Wakil Bupati Kebumen Arif Sugiyanto – Ristawati Purwaningsih menjabarkan visi misi dan sejumlah program unggulan untuk masyarakat Kebumen, sebagai ikatan kontrak yang harus direalisasikan.

“Misi kami jelas ada misi turunan dari visi Kebumen Lebih Sejahtera, Mandiri dan Berakhlak Bersama Rakyat, yang pertama adalah birokasi,” kata Arif kepada media siber lintas24, Minggu (18 Oktober 2020)

Misi pertama ungkap Arif, pertama adanya birokrasi yang responsif terhadap masyarakat dan pelaksanaan tata pemerintahan yang terintegrasi, e government dan open government. Kedua adalah pelayanan dasar berupa pendidikan, dan kesehatan.

“Yang masih perlu penguatan, kita kuatkan dengan Kartu Kebumen Sejahtera,” jelasnya.

Ia mengatakan, pihaknya akan merealisasikan Kartu Kebumen Sejahtera. Nantinya, masyarakat akan dibikin satu kartu yang fungsinya mengkontrol kondisi masyarakat sehingga mereka yang terdaftar bisa tercover ketika ada bantuan turun dari pemerintah, baik itu bantuan beasiswa, bantuan langsung tunai, dan juga kesehatan. Kartu Kebumen Sejahtera itu bisa dijadikan data yang valid bagi pemerintah kabupaten ke depan dalam penyaluran bantuan untuk masyarakat.

“Fungsinya kartu ini nanti sebagai kontrol jadi ketika nanti masyarakat ada yang belum menerima bantuan, nanti bisa dicek melalui No kartunya, dititik mana bisa ketahuan,” ujar Arif.

Menurutnya, tentu tidak semua masyarakat Kebumen dapat kartu ini. Mereka yang dapat kartu ini adalah masyarakat kelas bawah yang memang hidupnya masih jauh dari kesejahteraan. Karena pemerintah wajib menjadikannya sejahtera melalui Kartu Kebumen Sejahtera.

Terkait data-data masyarakat yang layak mendapatkan kartu itu, kata Arif masih akan dikaji dan perbaharui kembali karena ia mengaku Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di Kebumen masih banyak salah dan perlu diperbaharui kembali.

Kemudian yang misi ketiga adalah penguatan ekonomi masyarakat. Di tengah badai Covid-19 ini, kata Arif ekonomi masyarakat harus dipikirkan secara matang. Lalu keempat adalah pembangunan infrastruktur, dimana Kebumen hampir 60 persen lebih jalan-jalan banyak yang rusak sehingga perlu perbaikan.

“Misi kelima adalah menjaga kebudayaan, kita tahu masyarakat Kebumen adalah masyarakat yang berbudaya, kita ingin menjadikan Kebumen ke depan rukun berbudaya dan bermartabat,” ucapnya.

 

 

Comment

Berita Lainnya