Aplikasi MyUMKM Mudahkan Pelaku UMKM Di Purbalingga Mendapatkan Ijin

By: On: Dibaca: 36,488x
Aplikasi MyUMKM Mudahkan Pelaku UMKM Di Purbalingga Mendapatkan Ijin

Aplikasi MyUMKM yang terintegrasi dengan website Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) akan memudahkan pelaku Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM) di Purbalingga untuk mendapatkan Ijin Usaha Mikro Kecil (IUMK).

Kepala Bidang UMKM pada Dinas Koperasi dan UKM  Kabupaten Purbalingga, Adi Purwanto mengatakan, Griya UMKM dalam hal ini Dinkop UMKM memberikan fasilitas kepada pelaku UMKM agar semakin aktif mengurus izin usaha mikro kecil (IUMK) secara online. Dengan begitu, minat untuk melakukan proses perizinan akan lebih cepat dan terintegrasi, fasilitasi ini langsung dan tanpa biaya.

“Ijin Usaha Mikro Kecil (IUMK) sekarang sudah terintegrasi secara elektronik atau Online Single Submission (OSS). Untuk itu, bagi masyaraat yang belum punya ijin usaha mikro kecil mohon segera dibuat. Persyaratannya sangat mudah yakni  cukup bawa KTP dan mempunyai email yang aktif serta datang ke Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) yang bermarkas di Griya UMKM sebelah Polres Purbalingga,” katanya, Senin (13 Mei 2019).

Adi Purwanto menambahkan, apabila jaringan internet lancar cuman butuh waktu 7 menit, jika pelaku belum mempunyai email maka saat pendaftaran langsung dibuatkan emailnya. Adi menjelakskan sebenarnya program IUMK sudah berlangsung 3 tahun lewat kecamatan yang nantinya data akan dientry lag di websitenya Kemekop UKM.

“Dengan adanya aplikasi MyUKM, data pemohon langsung msk ke database Kemenkop UKM sehingga tidak dua kali entry sebagaimana lewat kecamatan. Sampai saat ini sudah 142 pelaku UKM yang sudah membuat IUMK,”tambahnya.

Adi mengatakan pelaku UMKM sekarang wajib memiliki IUMK karena berbagai kegiatan dan fasilitasi dari Kemenkop UKM. Untuk mendapatkan program Corporate Social Responsibility (CSR) dari perusahaan atau bantuan pemerintah baik APBN/APBD, penerima UKM juga harus mensyaratkan kepemilikan IUMK.

“Selain pelayanan IUKM, guna menghadapi revolusi industri 4.0, kami memperbanyak pelatihan-pelatihan marketing online dan menyiapkan marketplace baik secara mandiri ataupun menyewa space di Bukalapak atau Shoopee,” katanya.

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!