by

APBN Tahun 2021 Akan Gunakan Produk Lokal untuk Dorong UMKM

-Politik, Update-dibaca 4.03Rb kali | Dibagikan 13 Kali

Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun 2021 akan diarahkan untuk penggunaan produk lokal dalam rangka mendorong pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin mengatakan, penggunaan produk local merupakan salah satu komitmen pemerintah dalam memberdayakan UMKM yang memproduksi barang-barang dalam negeri.

” Jadi APBN 2021 digunakan utk melakukan pembangunan menggunakan lokal konten, ini untuk mendorong UMKM. Pada 2021, sudah ada kebijakan pemerintah bahwa yang harus dilakukan itu lokal konten, artinya semuanya harus lokal, jangan ada yang impor,” katanya dalam di acara Indonesia Bicara, Rabu (7 Oktober 2020).

Ma’ruf mengatakan, salah satu produk lokal yang didorong adalah untuk memenuhi pembangunan rumah sederhana yang uang mukanya disubsidi pemerintah. Bahan-bahan pembangunan rumah tersebut dapat menggunakan produk-produk lokal. Apalagi untuk program pembangunan rumah sederhana ini, pemerintah menargetkan pembangunan yang lebih besar untuk memenuhi kekurangan rumah.

“Jadi (UMKM) mendorong padat karya. Program-program ini diarahkan ke sana (UMKM),” kata Ma’ruf.

Adapun di masa pandemi Covid-19, pemerintah juga telah menggelontorkan sejumlah bantuan kepada para pelaku UMKM melalui program bantuan sosial (bansos) produktif. Mulai dari subsidi bunga hingga subsidi kredit usaha rakyat (KUR) super mikro.

 

 

 

Comment

Berita Lainnya