Angin Ribut, Lima Rumah Rusak

By: On: Dibaca: dibaca 6.08Rbx
Angin Ribut, Lima Rumah Rusak

Angin ribut disertai hujan deras melanda di wilayah Kabupaten Purbalingga, Kamis (30 Novmener 2017) sore. Akibatnya, lima rumah di wilayah Kecamatan Karangmoncol dan Bobotsari rusak.

Di wilayah Kecamatan Karangmoncol, angin tersebut merusak rumah semipermanen milik Rasmoyo (42) warga RT 13 RW 15 Dusun 4 Dukuh Grugak, Desa Tunjungmuli dan rumah milik Tarwin (45) warga RT 20 RW 7 Desa Rajawana. Beruntung tidak ada korban jiwa akibat musibah tersebut.

“Tadi (kemarin) malam, sehabis maghrib, saya dan keluarga sedang ada di rumah. Waktu itu hujan deras dan angin . Tiba-tiba angin menerbangkan atap rumah dan dinding kayu. Orang di dalam rumah tak suruh keluar menyelematkan diri,” kata Rasmoyo.

Akibat angin kencang itu, rumahnya yang terbuat dari kayu roboh. Kerugian materi mencapai Rp 20 juta. Ia dan kelima anggota keluarganya kini harus mengungsi di rumah saudaranya yang lebih aman sembari menunggu bantuan perbaikan rumahnya.

Sedangkan beberapa jam sebelumnya, rumah milik Tarwin di Desa Rajawana rusak karena tertimpa pohon randu. Dia dan empat anggota keluarganya selamat pada kejadian tersebut. Kerugian materi mencapai Rp 5 juta.

Di Kecamatan Bobotsari, tiga rumah juga rusak akibat tertimpa pohon. Masing-masing milik Tolib (72) warga RT 3 RW 3 Desa Dagan, Rohmat (59) dan Warsono (50)  warga RT 1 RW 1 Desa Bobotsari. Tidak ada korban jiwa akibat kejadian tersebut.

Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purbalingga, Muhsoni mengatakan, pihaknya bersama anggota SAR, TNI, Polri, relawan dan warga setempat melakukan penanganan mengevakuasi pohon yang menimpa rumah milk warga tersebut.

Sebelumnya, Kepala Pelaksanaan BPBD Kabupaten Purbalingga, Satya Giri Podo mengatakan, masyarakat diminta meningkatkan kewaspadaan terhadap terjadinya bencana alam angin ribut dan longsor. Pasalnya cuaca ekstrem kemungkinan besar akan terjadi di wilayah Jawa Tengah bagian selatan karena adanya siklus angin siklon bernama “Cempaka” yang terjadi di Samudera Hindia.

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!