by

Anggota Saka Wira Kartika Kodim 0702/Purbalingga Coba Woodball, Olahraga Baru di Indonesia

Anggota Pramuka dari Satuan Karya (Saka) Wira Kartika Kodim 0702/Purbalingga mengikuti kegiatan pembinaan di Markas Korem 071/Wijayakusuma Sokaraja Kabupaten Banyumas, Minggu (20 Juni 2020). Dalam kegiatan itu dikenalkan Woodball, cabang olahraga baru untuk masyarakat Indonesia.

Pamong Saka Wira Kartika, Sertu Nurkalim menuturkan Woodball merupakan olahraga yang mirip golf cara memainkannya dengan memukul sebuah bola kayu menggunakan tongkat khusus atau stik yang disebut mallet untuk diarahkan menuju gate atau gawang kecil dari kayu.

“Di Indonesia Woodball merupakan cabang olahraga baru. Namun sudah diakui sebagai cabang olahraga resmi baik di Indonesia untuk induk organisasinya yaitu Indonesia Woodball Association (IWBA),” tuturnya seperti dalam keterangan tertulis yang diterima cyber media lintas24.com dari Pendim 0702/Purbalingga, Minggu (20 Juni 2020)

Sepintas lanjut Staf Teritorial Korem 071/Wijayakusuma, olahraga ini mirip dengan cabang golf hanya saja alat dan perlengkapannya yang dibuat dari kayu. Woodball dimainkan  di lapangan terbuka dengan fairway atau lintasan berbentuk huruf L dengan panjang lintasan 50 meter dan lebar 3 meter, pemenang ditentukan dari  jumlah pukulan paling sedikit untuk memasukkan ke gate

“Hampir sama dengan golf namun bedanya bola dan mallet/stik terbuat dari kayu dan bola di pukul masuk ke gate bukan hole layaknya di olah raga golf,” tuturnya.

Satu peserta pembinaan, Fara mengaku tertarik dengan pengenalan woodball pada kegiatan ini.

“Woodball sangat menarik. Biarpun baru pertama mengenalnya langsung membuat penasaran dan jatuh hati, mudah-mudahan kami dapat rutin berlatih untuk berprestasi diajang pertandingan, karena masih jarang yang mengenalnya berarti banyak peluang untuk berprestasi di cabang olahraga ini,” tuturnya.

 

Comment

Feed Berita