Anggoro Bayu Aji – Tak Perlu Waktu Lama Kuasai Biola

By: On: Dibaca: dibaca 89.30Rbx
Anggoro Bayu Aji  – Tak Perlu Waktu Lama Kuasai Biola

 

Biola merupakan alat musik yang menarik perhatian banyak orang, Pasalnya, biola mempunyai suara yang khas dan sangat indah bila didengar. Kebanyakan orang pasti ingin memainkan alat musik yang satu ini, dan ingin menguasainya.

Hal ini diungkapkan oleh Anggoro Bayu Aji, pria yang sudah akrab puluhan tahun dengan alat music gesek yang pertama kali diperkenalkan di Itali, tahun 1523.

“Tidak mudah untuk menguasai alat musik yang satu ini. Diperlukan ketekunan dan keinginan yang kuat untuk selalu belajar,”ungkap Pria kelahiran Karangmoncol 22 Desember 1972.

Teknik dasar pertama saat belajar bermain biola ialah bagaimana cara memegang biola dengan benar. Namun,  bukan sekedar memegang biolanya, tetapi harus bisa meletakkan biola diantara bahu dan dagu.

Carilah posisi senyaman mungkin dalam meletakkan biola ini. Lebih nyaman dengan posisi berdiri, karena ruang bebas bahu saat menggesek tidak terhalang. Berdirilah dengan punggung yang tegak lurus. Ambil biola dengan memegang lehernya menggunakan tangan kiri dan tempatkan ekor biola pada leher. Tempatkan bagian bawah biola di tulang selangka dan tahan dengan rahang.

“Tahan dengan rahang, sedikit di bawah daun telinga bukan dengan dagu  Ini membantu mencegah biola meluncur turun dari bahu,”ungkap Suami Yeyet Retno Adningrum.

Bapak dari Bintang dan Bulan murid SD Negeri 1 Purbalingga Lor ini menekankan, sempurnakan posisi tangan Anda. Tempatkan tangan di bawah bagian atas leher biola dan peganglah biola dengan bagian kepala biola menjauhi Anda. Pegang biola dengan stabil dengan cara menempatkan sisi ibu jari pada leher biola, sehingga memungkinkan bagi empat jari lainnya untuk bergerak di sepanjang papan jari, yaitu pelat hitam yang menutupi bagian depan leher biola.

Sebagai seorang pemula, tangan harus terus berada di ujung leher biola agar jari telunjuk dapat menekan papan jari dengan mudah. Seiring berjalannya waktu, Anda akan belajar menggeser tangan naik dan turun untuk mencapai nada yang lebih tinggi dengan cepat.

“Berlatihlah memainkan senar terbuka seperti nada G,D,A dan E secara berurutan dari senar yang atas ke bawah,”ungkap Karyawan PDAM Purbalingga ini.

Senar terbuka berarti senar yang digesek tanpa ditekan oleh jari tangan. Letakkan leher biola di ruang antara ibu jari kiri dengan jari telunjuk. Sementara tangan kiri menahan leher biola, pegang busur dengan tangan kanan dan gesek senar sehingga membentuk seperti pesawat terbang.

“Gesek senar jangan saling menyentuh secara bergantian dengan menaikkan atau menurunkan siku untuk membawa busur ke ketinggian yang tepat,”ungkap Bayu.

Dia mencontohkan, senar terbuka sebagai nada Do, gunakan telunjuk untuk menekan pada senar kedua dengan diberi jarak sedikit dari awal fingerboard sebagai nada Re. Jari tengah untuk menekan senar lagi dan diberi jarak dari jari telunjuk untuk nada Mi. Jari manis untuk menekan nada selanjutnya tetapi usahakan menempel dengan jari tengah kalian, ini untuk nada Fa.

Untuk nada Sol sampai selanjutnya bisa melakukan posisi yang sama tetapi dimulai dari senar dibawahnya. Hal ini berfungsi sama pada senar lainnya, apabila ingin bermain dari senar tiga (senar D) bisa melakukan posisi yang sama yaitu nada Do sampai Fa pada senar tiganya dan Sol sampai Do di senar duanya. Begitu pula jika ingin bermain dari senar empat (senar G).

“ Apabila sudah bisa menguasai menahan biola dan memegang bow biola, berarti sudah siap untuk memainkan biola,”ungkapnya.

Bayu menyakini, tak butuh waktu yang lama untuk menguasai alat music biola ini. Hanya butuh waktu paling lama empat bulan dengan jadwal berlatih satu minggu dua kali. “Agar cepat menguasainya, perlu memilik biola untuk latihan secara rutin,”ungkapnya.(mahendra yudhi krisnha)

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!