Anggit Rizkianingsih – Para Orang Tua ABK Jangan Malu dan Harus Menyekolahkan Mereka

By: On: Dibaca: 307,788x
Anggit Rizkianingsih – Para Orang Tua ABK Jangan Malu dan Harus Menyekolahkan Mereka

Anggit Rizkianingsih menyakini perbedaan karakteristik dalam Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) harus diketahui oleh para orang tua dan guru. ABK memiliki arti yang lebih luas dibandingkan pengertian anak luar biasa.

ABK adalah anak yang dalam pendidikan memerlukan pelayanan yang spesifik, berbeda dengan anak pada umumnya. ABK  ini mengalami hambatan dalam belajar dan perkembangan. Oleh karena itu memerlukan pelayanan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan belajar masing-masing anak.

“Para orang tua dan Guru harus mengetahui hambatan-hambatan apa saja yang dialami dan memberikan solusi terhadap hambatan tersebut agar ABK mampu untuk belajar, bersosialisasi dengan lingkungan, dan mampu untuk hidup mandiri tanpa  bergantung kepada orang lain,”ungkap Guru SD Purba Adhi Suta Purbalingga.

Alumnus tahun 2010 jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Universitas Negeri Semarang mengungkapkan, untuk pendidikan ABK bisa dilakukan dengan sistem pendidikan terpadu, yaitu sistem pendidikan yang membawa anak berkebutuhan khusus kepada suasana keterpaduan dengan anak normal. Dalam bentuk keterpaduan ini anak berkebutuhan khusus belajar di kelas biasa secara penuh dengan menggunakan kurikulum biasa.

“Oleh karena itu sangat diharapkan adanya pelayanan dan bantuan guru kelas atau guru bidang studi semaksimal mungkin dengan menyertakan assistant, pendamping (sesuai kebutuhan), dan guru pendukung saat belajar mengajar dikelas”,”ungkap Ibu dua orang anak kelahiran Rembang 28 Agustus 1987

Istri dari Muhammad Khoiruddin Zuhdi ini berharap, keluarga yang memiliki ABK haruslah yakin jika di balik kekurangan ABK, pastilah memiliki keistimewaan. Keluarga yang memiliki anak-anak ABK tidak malu menyekolahkan mereka dan ikuti terus perkembangannya. Karena itu, yang harus dilakukan adalah menyekolahkannya.

“Para orang tua jangan malu dan harus menyekolahkan mereka. Beri mereka pendidikan yang tepat dan benar ,” ujarnya.(mahendra yudhi krisnha)

 

 

 

 

 

 

 

 

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!