by

Anggaran Pilkada Kebumen Dipastikan Berubah. Ada Tambahan Tempat Pemungutan Suara

-Politik, Update-dibaca 2.70Rb kali | Dibagikan 59 Kali

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kebumen memastikan tahapan Pilkada Kebumen kembali dilanjutkan. Adapun tahapan pilkada akan dimulai pada 15 Juni 2020.

“KPU Kebumen akan mulai melaksanakan tahapan Pilkada ketika telah menerima Perubahan Peraturan KPU (PKPU) yang saat ini masih diselesaikan di tingkat pusat,” tutur  Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Kebumen, Danang Munandar

Ia menjelaskan,  PKPU mengatur teknis tahapan persiapan penyelenggara ad hoc (PPK, PPS). Pasalnya, proses dan mekanisme Pilkada di tengah pandemi COVID-19 tahun ini mengalami sedikit perubahan karena adanya kewajiban melaksanakan protokol kesehatan. Jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang semula 2250 TPS akan ditambah 800 TPS, termasuk bilik suaranya. Sebab, jumlah pemilih di setiap TPS akan dibatasi, dari 800 orang per TPS menjadi 500 orang per TPS.

“Akan ada penambahan TPS untuk Pilkada di Kabupaten Kebumen. Dengan begitu konsekuensinya adalah anggaran untuk pembuatan TPS maka harus ditambah. Hal itu dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran pandemi virus corona atau Covid-19,” tuturnya

Ia menambahkan,  penambahan TPS tersebut akan diikuti dengan penambahan jumlah KPPS dan honornya. Bahkan, jumlah petugas TPS juga dimungkinkan ditambah untuk membantu pelaksanaan protokol kesehatan. Selanjutnya tambahan anggaran juga akan dialokasikan untuk pengadaan Alat Pelindung Diri (APD) sesuai standar kesehatan yang diatur dalam protokol Covid-19.

“Ada beberapa item APD yang harus disediakan, seperti Termometer, masker, hand sanitizer, desinfektan, baju pelindung, pelindung wajah dan lain-lain, ” imbuh Danang.

Ia mengungkapkan, terdapat perubahan dari yang sebelumnya telah disepakati dalam Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) berkisar sebesar Rp 41,6 miliar. Jumlah itu dipastikan akan mengalami perubahan.

“Meski begitu KPU masih menghitung jumlah tambahan anggaran yang akan dibutuhkan. Kami berharap Pemkab Kebumen agar bisa mensuport penambahan anggaran pilkada tersebut,” tuturnya.

Seperti diketahui, Pemerintah bakal menggelar serentak Pilkada 2020. Adapun pilkada tahun 2020 ini, sedikitnya akan digelar di 270 wilayah di Indonesia, meliputi 9 Provinsi, 224 Kabupaten, dan 37 Kota.

 

 

Comment

Berita Lainnya