by

Anda Bergolongan Darah O. Ini Sayuran yang Perlu Dihindari

-Peristiwa, Update-dibaca 1.23Rb kali | Dibagikan 69 Kali

Melansir buku “Menu Sehat & Lezat Sebulan untuk Golongan Darah O”  tulisan Budi Sutomo, S.Pd dan dr. Yoanita Ristyaningrum, orang yang memiliki golongan darah O cenderung mudah mengalami peningkatan asam lambung.

Dari evolusi genetik, golongan darah O diketahui memiliki ciri mempunyai kandungan asam lambung tinggi, sehingga mudah mengalami gangguan pencernaan. Penyakit lain yang rentan dialami pemilik golongan darah O, di antaranya yakni: Gangguan tiroid Radang sendi Alergi Sinusitis Penyakit Jantung

Agar terhindar dari berbagai masalah kesehatan tersebut, para pemilik golongan darah O pun kiranya penting untuk memahami berbagai makanan yang perlu dihindari.

Berdasarkan Buku Laris Dr. Peter J. D’ Adamo (2007) oleh Wied Harry Apriadhi, ada beberapa jenis sayuran yang seyogianya dihindari para pemilik golongan darah O apabila tidak ingin mendapatkan gangguan kesehatan.

Beberapa sayuran yang patut diwaspadai para pemilik golongan darah O: diantaranya, sayuran dari keluarga kubis-kubisan alias Brasicca diketahui dapat menghambat fungsi tiroid pemilik golongan darah O, yang secara alami lebih lemah dibanding pemilik golongan darah lainnya.

Sayuran yang termasuk dalam keluarga kubis-kubisan: Kol hijau Kol putih Kol merah Kembang kol Cuciwis. Kemudian taoge, Pemilik golongan darah O juga patut berhati-hari terhadap taoge alfalfa karena mengandung senyawa yang dapat mengiritasi saluran pencernaan, sehingga bisa memperparah hipersensitivitas yang mungkin diderita.

Demikian juga, perlu diwaspadai terhadap jamur shiitake dan buah zaitun hitam yang diawetkan karena bisa memicu alergi. Sayuran dari keluarga terung-terungan alias Solanacea, terutama terung dan kentang. Kandungan lektin pada sayuran ini tergolong tinggi sehingga bisa memicu nyeri sendi dan merangsang munculnya penyakit artritis.

Sayuran dari keluarga ini yang menjadi pengecualian, yakni tomat. Sayuran dari keluarga Solanacea ini memang mengandung lektin yakn kuat, yakni panhemaglutinan, suatu senyawa khusus yang mampu membekukan darah semua golongan darah. Tapi, kandungan lektin ini ternyata tidak dapat dinetralkan di dalam tubuh pemilik golongan darah O.

Jagung Jagung juga perlu dihindari oleh para pemilik golongan darah O karena kandungan lektinnya dapat menghambat produksi insulin. Kondisi ini akan menjadikan pemilik golongan darah O lebih mudah mengalami kegemukan dan berisiko menderita kencing manis atau diabetes mellitus.

Para pemilik golongan darah O pun dianjurkan untuk mengonsumsi sayur-sayuran daun hijau yang mengandung vitamin K berlimpah, seperti bayam, sawi, dan kankung. Vitamin K sendiri diketahui termasuk nutrisi pembeku darah.

Ada pun beberapa jenis sayuran lain yang dianggap bermanfaat bagi pemilik golongan darah O, yakni sebagai berikut:

  1. Berkhasiat sebagai obat Bawang bombai semua jenis (kuning, merah, putih) Brokoli
  2. Meningkatkan kekebalan tubuh Bit Cabai Collard Daun bit Daun mustard Kailan Paprika Ubi jalan Wortel Berbagai sayuran tersebut dianggap mengandung zat tertentu yang dapat meningkatan kekebalan tubuh da fungsi sistem metabolic golongan darah O.
  3. Memasok nutrisi Bawang merah Bawang putih Labu air Selada Seledri Sayuran-sayuran di atas relatif tidak memberikan pengaruh baik maupun buruk terhadap kesehatan, tetapi tetap memasok nutrisi baik bagi para pemilik golongan darah O.

 

 

Comment

Berita Lainnya