Menu
Media Online Terpercaya

Akses Jalan Sirau-Kramat Mulai Dibuka. Masyarakat Gotong Royong Bersihkan Tanah Longsor

  • Share
Pembersihan material dan timbunan longsor dilakukan dengan alat sederhana
Pembersihan material dan timbunan longsor dilakukan dengan alat sederhana

Timbunan tanah longsor yang menutup akses jalan Dusun Siregol Desa Sirau-Desa Kramat Kecamatan Karangmoncol mulai dibersihkan, Jumat (22 Oktober 2021)

“Jalur Sirau-Kramat sudah bisa dilalui kendaraan roda dua. Hari ini pembersihan material dan timbunan longsor dilakukan dengan alat sederhana. Rencananya Sabtu (Oktober 2021) alat berat akan didatangkan untuk membersihkan sisa-sisa material yang masih menutup sebagian jalan. Sehingga nantinya jalan akan bisa berfungsi normal,” kata Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi), Jumat (22 Oktober 2021) sore.

Bupati Tiwi menyampaikan, Kapolres Purbalingga AKBP Era Jhony Kurniawan beserta jajarannya bersama jajaran TNI, Kalaksa BPBD Purbalingga Umar Faozi, Camat Karangmoncol Juli Atmadi, Asper Perhutani,  Banser, Pramuka, Tagana, Baznas, RAPI, Bela Negara Karangmoncol serta PMI dan masyarakat setempat bersama-sama menyingkirkan batu dan timbunan tanah di lokasi tersebut.

“Terima kasih atas kerjasama semua pihak,” ungkap Tiwi.

Dia menyebutkan hingga saat ini hujan deras masih melanda kawasan tersebut. Sehingga tidak memungkinkan alat berat melakukan pembersihan material. Petugas BPBD Purbalingga beserta jajaran Polri dan TNI serta organisasi yang lain tetap bersiaga di lokasi.

“Kami terus memantau kondisi di Sirau,” lanjutnya.

Seperti diberitakan hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Karangmoncol, Kabupaten Purbalingga Kamis (21 Oktober 2021) sore. Kondisi itu menyebabkan terjadinya tanah longsor, di Sirau. Akibatnya, akses jalur Sirau-Kramat pun terputus.

Sekretaris Camat Karangmoncol Sapto Suhardiyo membenarkan peristiwa tersebut. Peristiwa tebing longsor itu terjadi sekitar pukul 17.00 wib. Beruntung, tidak ada korban jiwa pada peristiwa tersebut. Kawasan Sirau Siregol memang menjadi salah satu titik rawan longsor, di Kabupaten Purbalingga.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *