by

Agustav Triono Pegiat Teater Katasapa Purbalingga  dan Umah Wayang Kemukusan Masuk 100 Karya Terpilih Program “Pentas di Rumah” Kemenparekraf

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI) melalui program “Pentas di Rumah” memilih Agustav Triono, pegiat teater dari Komunitas Teater dan Sastra Perwira (Katasapa) Purbalingga untuk masuk dalam 100 peserta terpilih kategori tunggal.

Baca Juga: Katasapa Purbalingga Tularkan Ilmu Dalam Program Gerakan Seniman Masuk Sekolah

Baca Juga: Ayo Menulis Buku Antologi Puisi Purbalingga Bareng Katasapa

Sedangkan untuk  kategori kelompok, seniman Purbalingga yang tergabung dalam Umah Wayang Kemukusan, Selakambang, Kaligondang juga masuk dalam 100 karya terpilih.

Kelompok tersebut terdiri dari dalang Ki Kusno dan dibantu pemusik Sulung Purnomo dan Lintang Rencono. Mereka menampilkan Wayang Jemblung berjudul “Melebur Pagebluk”.

Kusno dari Umah Wayang Kemukusan, Selakambang, Kaligondang. Foto: Katasapa Purbalingga

Baca Juga: Seniman Purbalingga Unjuk Gigi Memperingati Hari Lahir Pancasila

Baca Juga: Teater Gerbang Pusaka Gelar Workshop Keaktoran

Menurut informasi di Instagram panitia, yang mengirim karya seluruhnya sebanyak 1.652 peserta. Karya dari seniman Indonesia berbagai daerah tersebut dikirim melalui Instagram,  berdurasi 3-5 menit, dan terakhir dikirim pertengahan Mei lalu.

Agustav Triono mengirimkan karya berupa pentas teater monolog berjudul “Dalam Kesunyian Hari-hari”.  Monolog ini menceritakan seorang aktor yang rindu akan proses latihan teater, karena ada wabah pementasan dibatalkan. Di akhir cerita sang aktor tetap semangat berkarya meski di rumah saja dengan menulis puisi.

Baca Juga: Memompa Keberanian Membaca Puisi

Baca Juga: Studio Mini Misbar “Tampah Ngadeg“ Purbalingga Sukses Gelar Amazing Collaboration

Umah Wayang Kemukusan dengan mengusung judul “Melebur Pagebluk”. Dalang Ki Kusno dalam Wayang Jemblungnya menyampaikan beberapa hal untuk meruwat keadaan, menghilangkan pagebluk dengan empon-empon dan daun-daun yang mengandung filosofi.

Baca Juga: Zonasi PPDB Berubah.  Mendikbud Nadiem Makarim: 30 Persen untuk Siswa Berprestasi

Baca Juga: PPDB Jenjang SMP Negeri di Purbalingga Tetap Secara Online. Dibuka 29 Juni Hingga 3 Juli 2020.

Untuk diketahui, “Pentas di Rumah” merupakan program yang bertujuan untuk menstimulus para seniman pertunjukan agar tetap berkarya di masa pandemi ini. Stimulus tersebut sebesar 500 ribu untuk kategori tunggal dan 1 juta untuk kategori kelompok.

 

 

Comment

Feed Berita