ABON Solusi Guru Mengolah Nilai Siswa di Purbalingga

By: On: Dibaca: 71,299x
ABON Solusi Guru Mengolah Nilai Siswa di Purbalingga

Melalui aplikasi Alat Bantu Olah Nilai (ABON), guru SD diharapkan bisa terbantu dalam mengolah nilai dalam sistem Kurikulum 2013 (K13). ABON merupakan aplikasi berbasis Microsoft Excel dengan 75 sheets yang berisi berbagai macam rumusan. Aplikasi tersebut untuk membantu guru dalam pengolahan nilai pada sistem K13.

Kabupaten Purbalingga bakal menggunakan ABON sebagai acuan pengolahan nilai yang sama untuk semua sekolah dasar (SD),”ungkap Ketua Koordinator Pengawas SD Kabupaten Purbalingga Sasno Adi Sasmita dalam sosialisasi ABON di Aula PGRI Kabupaten Purbalingga, Rabu (17 Oktober 2018).

Ia mengungkapkan, rapot K13 deskripisnya tidak hanya angka dan predikat. Jika harus menulis deskripsi secara manual dengan tulisan tangan akan sangat menyita waktu para guru. Jadi, dengan adanya ABON, diharapkan bisa mempermudah mereka mengolah dalam mengolah nilai

“Namun, kendala dialami sekolah swasta. Pasalnya, di sekolah swasta terdapat mata pelajaran tambahan yang tidak termuat dalam rumusan aplikasi ABON. Nah, untuk ituadiserahkan kepada sekolah bersangkutan,”ungkapnya.

Sasno mengaku, untuk memfokuskan pada sekolah negeri yang mencapai 466 sekolah di Kabupaten Purbalingga. Dibandingkan kabupaten lain, Kabupaten Purbalingga sudah selangkah lebih maju. Di Purbalingga sudah sesuai K13 dan diseragamkan.

“Berbeda dengan Kabupaten Banyumas, Kabupaten Cilacap dan Kabupaten Banjarnegara. Ada yang pengolahannya diserahkan ke masing-masing sekolah atau diserahkan ke LPMP, ada pula pengolahan nilainya hanya berupa angka dan predikat, sehingga belum sesuai K13,”tuturnya. (Muhammad nur)

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!