by

744.428 orang Sudah Tercatat di DPS Pilkada Purbalingga 2020. Segera Cek, Sudahkan Tertulis Nama Anda

-Politik, Update-dibaca 6.30Rb kali | Dibagikan 33 Kali

Sebanyak 744.428 orang sudah tercatat Daftar pemilih Sementara (DPS) pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Purbalingga 2020. Masyarakat Purbalingga diminta untuk mengecek apakah sudah masuk dalam DPS atau belum.

“Sudah mulai kemarin, Sabtu (19 September 2020) hingga Senin (28 September 2020) mendatang. Sudah diumumkan secara serentak. Ditempel di seluruh balai desa atau kantor kelurahan dan tempat-tempat strategis yang bisa dibaca oleh masyarakat,” kata Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purbalingga Kabupaten Purbalingga Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Catur Sigit Prastyo kepada media siber lintas24.com, Minggu (20 September 2020)

Ia merinci, sebanyak 374.316 pemilih laki-laki dan 370.112 pemilih perempuan. Pemilih tersebut tersebar di 239 desa/ kelurahan dan 2.129 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Sebelumnya pada 10 September lalu, KPU melakukan rekapitulasi daftar pemilih hasil pemutakhiran dan telah menetapkan menjadi DPS Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Purbalingga. Adapun.

“Hal itu sekaligus memasuki tahapan uji publik DPS untuk mendapatkan masukan dan tanggapan dari masyarakat. Uji publik DPS sesuai dengan PKPU Nomor 19 tahun 2019 pasal 17 A,” ungkapnya.

“Di PKPU itu menyebutkan, KPU Kabupaten dapat melakukan uji publik DPS dengan dibantu oleh PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) dan PPS (Panitia Pemungutan Suara) serta melibatkan pihak lain yang berkepentingan,” jelasnya.

Untuk diketahui, KPU Kabupaten Purbalingga melaksanakan uji publik terhadap Daftar Pemilih Sementara pada tanggal 21 September dengan mengundang tokoh masyarakat atau tokoh agama atau tokoh lainnya yang dianggap paham dan tahu pemilih di lingkungan TPS.

Maksud dan tujuan dari kegiatan uji publik dan pengumuman tersebut KPU memberi kesempatan kepada masyarakat untuk memberikan masukan-masukan terhadap DPS dari hasil pencocokan dan penelitian.

Masukkan bisa berupa perbaikan data pemilih, daftar pemilih yang memenuhi syarat tetapi belum masuk, atau pemilih yang tidak memenuhi syarat tetapi masih terdapat di DPS . Masukan itu akan dituangkan di dalam form berita acara atau form A1 A KWK yang itu ditandatangani oleh orang yang memberi masukan dan PPS yang menerima. PPS akan melakukan verifikasi terhadap masukkan tersebut.

 

 

Comment

Berita Lainnya