Menu
Media Online Terpercaya

6 Cara Agar Lansia Tetap Sehat

  • Share
Vaksinasi Lansia Sasar Wilayah Zona Merah_Foto klatenkab.go.id
Vaksinasi Lansia Sasar Wilayah Zona Merah_Foto klatenkab.go.id

Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar Tahun 2018, tercatat sebanyak 63.5% lansia menderita Hipertensi, 5.7% lansia dengan Diabetes Mellitus, 4.5% lansia dengan Penyakit Jantung, 4.4%.

Baca Juga: Setiawati, Dosen FK Unsoed Raih Gelar Doktor. Teliti Senyawa Antimikroba dan Antibiofilm

Lansia dengan Stroke, 0.8% lansia dengan Gangguan Ginjal dan 0.4% lansia menderita Kanker. Berbagai kondisi tersebut menyebabkan kelompok lansia merupakan kelompok risiko tinggi mengalami keparahan dan kematian jika terpapar Covid-19.

Baca Juga: Pengurus Pusat Kafapet Unsoed Terbentuk

Oleh karena itu, perhatian lebih perlu ditujukan pada kelompok lanjut usia ini. Bagi keluarga yang memiliki lansia perlu sangat berhati-hati dan harus melindungi dirinya dari terpaparnya Covid-19.

Baca Juga: 11 Tokoh Pramuka Purbalingga Terima Anugerah Tanda Kehormatan Khusus

Dosen Jurusan Keperawatan Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan/FIKes Unsoed Dr.Endang Triyanto,S.Kep.,Ns.,M.Kep memberikan tips agar orang dengan usia lanjut tetap terjaga kesehatannya

Kesehatan Jiwa Lansia

Cara menjaga kesehatan jiwa lansia dengan menghindari berita/informasi yang memancing rasa khawatir berlebihan. Keluarga dapat mengarahkan untuk menyimak berita positif yang memberi sugesti dan keyakinan yang dapat membangkitkan optimisme.

Selain itu tetap menjalin komunikasi dan silaturahmi dengan anak, cucu, dan kerabat lain maupun teman melalui komunikasi jarak jauh, atau mengatur jadwal kunjungan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Aktivitas membaca buku dan mengisi teka-teki silang untuk mencegah penurunan kognisi, beribadah, memasak makanan yang disukai, atau aktivitas lain yang menyenangkan

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *