450 personil TNI Batalyon Infanteri 406/Candra Kusuma Berangkatkan Ke Papua

By: On: Dibaca: dibaca 8.46Rbx
450 personil TNI Batalyon Infanteri 406/Candra Kusuma Berangkatkan Ke Papua

 

Sebanyak 450 personil Tentara Nasional Indonesia (TNI) Batalyon Infanteri 406/Candra Kusuma (YONIF 406/CK) diberangkatkan ke Papua. Seluruh personil TNI itu akan ditugaskan dalam rangka operasi pengamanan terbatas (Pamtas) RI-Papua Nugini selama 10 bulan kedepan.

“Perlu diingat kondisi dan budaya serta adat istiadat didaerah Papua, lebih-lebih didaerah perbatasan tidak sama dengan wilayah lainnya di Indonesia, khususnya Purbalingga, maka kenali betul adat dan budaya serta karakter masyarakat setempat, karena hal ini penting dilakukan guna mendapatkan dukungan dari berbagai kalangan, terutama dari masyarakat setempat,” kata Bupati Dyah H Pratiwi dalam sambutannya selaku pimpinan Upacara Pamitan Tugas Satuan Tugas Operasi Pengamanan Terbatas Republik Indonesia-Papua Nugini Sektor Selatan Tahun Anggaran 2019 Batalyon Infanteri 406/Candra Kusuma, Rabu (26/6).

Selanjutnya atas nama pribadi, masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Purbalingga, Bupati Dyah H Pratiwi ucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada segenap jajaran TNI Batalyon 406/Candra Kusuma Purbalingga yang telah mendarma baktikan diri untuk menjaga kedaulatan bangsa dan negara seperti halnya saat ini akan diberangkatkan ke papua dalam rangka operasi pengamanan terbatas RI-Papua Nugini. Tugas pengamanan perbatasan harus dimaknai sebagai amanah, kepercayaan, harga diri, dan kebanggaan, karena tidak setiap prajurit mendapatkan kesempatan melaksanakan penugasan seperti ini.

“Oleh karena itu, laksanakan tugas ini dengan penuh totalitas, semangat pengabdian, profesionalitas, dedikasi, disiplin, dan rasa tanggung jawab yang tinggi, dengan berbekal kemampuan dan keterampilan yang diperoleh selama melaksanakan latihan pratugas serta berbagai persiapan dan semangat pengabdian yang tulus sebagai prajurit profesional, saya yakin kepercayaan dan kehormatan yang diberikan oleh pimpinan TNI, masyarakat, bangsa, dan negara, dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya,” katanya.

Bupati Dyah H Pratiwi juga berpesan kepada para prajurit Satgas OPS Pamtas RI-Papua Nugini untuk senantiasa istiqomah, berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, agar selalu diliputi dengan keselamatan serta senantiasa menjaga kondisi fisik dan kesehatannya. Upacara yang dilaksanakan di alun-alun Purbalingga dihadiri unsur, Sekretaris Daerah beserta para Kepala OPD terkait di lingkungan Pemerintah Kabupaten Purbalingga dan juga lembaga serta instansi vertikal lainnya. Kegiatan diakhiri dengan jabat tangan Forkopimda Kabupaten Purbalingga dengan Komandan pasukan Satgas OPS PAMTAS RI-Papua Nugini YONIF 406/CK beserta seluruh anggotanya yang akan bertugas selama 10 bulan kedepan

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!