447 Unit Alsintan dari Pemerintah Tersebar di Purbalingga

By: On: Dibaca: 58,182x
447 Unit Alsintan dari Pemerintah Tersebar di Purbalingga

Kabupaten Purbalingga kurang lebih memiliki 447 unit alsintan baik bantuan dari pemerintah pusat, daerah maupun DPR RI. Kepala Dinas Pertanian (Dinpertan) Kabupaten Purbalingga, Ir. Lily Purwati menjelaskan alsintan cukup efektif untuk menghemat waktu tanam.

“Sangat efektif jika traktor roda empat, tiga unit saja jika dijalankan bersama-sama, ada yang singkal, menghaluskan dan siap tanam. Dalam waktu empat jam bisa menggarap 5 hektare, satu hari 12 jam bisa 15 Hektare itu sangat efektif. Kami harap bantuan traktor roda empat lebih diperbanyak,” katanya disela-sela kunjungan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman di Kabupaten Purbalingga, Selasa (8 Mei 2018) .

Sementara perihal prosedural surat keterangan petani untuk membeli solar, Dinpertan telah mempermudahkannya. Kata Lily surat tidak harus atas tanda-tangan kepala dinas, melainkan juga telah didelegasikan ke bidang.

Selain mendapat pencerahan dari Mentan, petani juga mendapatkan bimbingan teknis tematik alsintan oleh BBPP Batu. Dilanjutkan praktik langsung olah tanah dengan 21 traktor roda dua dan lima unit traktor roda empat, serta olah tanam dengan transplanter. (Ganda Kurniawan)

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!