44 Bus AKAP Arus Balik “Mengaspal” Penumpang Dari Purbalingga Meningkat

By: On: Dibaca: dibaca 10.37Rbx
44 Bus AKAP Arus Balik “Mengaspal” Penumpang Dari Purbalingga Meningkat

Jumlah penumpang arus balik yang berangkat dari terminal bus Bobotsari Purbalingga mengalami peningkatan sejak Rabu (20/6) hingga Kamis (21/6). Sebanyak 44 bus diberangkatkan menuju Jabotabek, Bandung, Surabaya dan  Yogyakarta.

“Ratusan penumpang arus balik berdatangan.  Untung saja bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) sudah stand by. Sehingga mereka semua bisa terangkut,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Dinhub) Purbalingga, Imam Wahyudi, Kamis (21/6) petang.

Dia memprediksi lonjakan penumpang arus balik dari terminal tipe A Bobotsari akan melonjak hingga Minggu (24/6) mendatang. Kebanyakan penumpang adalah warga Purbalingga yang bekerja di Jabotabek dan sejumlah kota besar lainnya. “Mereka memang biasa pulang dan kembali ke tempat kerja dengan menggunakan bus,” jelasnya.

Guna mengantisipasi berbagai kemungkinan pihaknya menerjunkan tim gabungan untuk melakukan pemeriksaan kelaikan kendaraan (rampcheck) yang akan mengangkut penumpang arus balik. Diungkapkan, pemeriksaan kelaikan bus merupakan prosedur baku untuk bus yang mengangkut penumpang arus balik tersebut. “Petugas gabungan dari Dinhub dan kepolisian stand by 24 jam di terminal. Sebelum berangkat bus diperiksa dulu kelaikan jalannya,” tandasnya.

Dari hasil pemeriksaan tersebut menurutnya secara umum kondisi bus laik jalan. Jika memang ada kekurangan, seperti lampu bus yang  tidak menyala, petugas langsung meminta untuk diperbaiki dan diganti. Sebelum ada perbaikan, bus tersebut tidak diperbolehkan mengangkut penumpang. “Ini demi keselamatan penumpang,” ujarnya.

Ditambahkan sejumlah bus jurusan Surabaya saat ini juga mulai masuk ke terminal Bobotsari. Awalnya bus tersebut hanya sampai di terminal Purwokerto. Namun saat ini terminal Bobotsari  sudah masuk kategori terminal tipe A. “Sehingga bus AKAP banyak yang masuk dan mengambil penumpang di sana,” imbuhnya

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!