Menu
Media Online Terpercaya

312 Masjid dan Musala Di Banyumas Pilih Tiadakan Shalat Idul Fitri

  • Share

Data Penyuluh Agama Islam Kantor Kementerian Agama (KanKemenag) Kabupaten Banyumas mencatat sebanyak 2.137 unit dari total Masjid dan Mushola,  312 unit diantaranya tidak melaksanakan Shalat Idul Fitri.

Di 27 kecamatan. Masjid dan Mushola melaksanakan Shalat Idul Fitri, hanya sebanyak 1.825 unit ditambah 84 lapangan dan 34 halaman,” tutur Kepala KanKemenag Banyumas, Akhsin Aedi Fanani, Kamis (6 Mei 2021)

Ia menambahkan, Penyuluh Agama Islam sudah melaksanakan instruksi Menteri Agama (Menag) terkait SE Menag RI nomor 3 dan 4 tahun 2021 sejak 6 April 2021 melalui sosmed dan sosialisasi ke takmir dan jamaah setiap bimbingan penyuluhan.

“Sudah mendata pelaksanaan tarawih dilengkapi dengan foto setiap malam. Penyuluh Agama Islam juga terus melakukan pendataan masjid, musala, lapangan dan halaman yang direncanakan sebagai tempat Shalat Idul Fitri.

Kasi Bimas Islam, Afifudin Idrus menambahkan Masjid dan Mushola yang tidak melaksanakan Shalat Idul Fitri mempertimbangan bergabung dengan tempat Shalat yang lebih besar dan kurangnya petugas yang mampu menjadi imam dan khatib.

“Masjid dan Mushola yang ditutup sementara dengan munculnya kluster tarawih otomatis tidak masuk dalam data tersebut. Data masih mungkin berubah sewaktu-waktu. Kemungkinan masih bertambah,” imbuh dia.

Namun dapat dipastikan lanjutnya, sebanyak 1.825 unit masjid dan musala yang melaksanakan Salat Ied sudah turut dipantau prokesnya. Dengan data yang telah dihimpun oleh Penyuluh Agama Islam dan dikirimkan juga ke Tim Prokes Kabupaten Banyumas, dari Satgas Covid-19 kabupaten, kecamatan hingga desa bisa ikut terjun memantau.

“Sejak awal pendataan masjid dan musala sebanyak 2.137 unit, Penyuluh Agama Islam sudah mendata ceklist prokesnya,” kata Afif.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *