30 Januari-1 Februari 2018, KPU Purbalingga Verifikasi Faktual Parpol Lama

By: On: Dibaca: 7,040x
30 Januari-1 Februari 2018, KPU Purbalingga Verifikasi Faktual Parpol Lama

 

 

Verifikasi Hanya 5 Persen Anggota

Partai politik (parpol) lama yang akan menjadi peserta Pemilu 2019 akan menjalani tahapan verifikasi faktual. Rencananya Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan melakukan verifikasi 30 Januari-1 Februari 2018 mendatang. Mekanisme jauh lebih mudah dibanding verifikasi terhadap parpol baru.

“Dalam verifikasi faktual terhadap parpol lama, mekanismenya, parpol mengumpulkan orang yang jadi sampel. Yaitu 5 persen dari keanggotaan yang diajukan parpol dalam Sistem Informasi Politik (Sipol). Jumlah itu mewakili 50 persen jumlah kecamatan dengan 30 persen keterwakilan perempuan,”ungkap Ketua KPU Kabupaten Purbalingga, Sri Wahyuni kepada cyber media lintas24.com, Jumat (26 Januari 2018).

Sri Wahyuni menjelaskan, kali ini lebih simpel, kalau saat verifikasi faktual parpol baru, KPU mendatangi anggotanya secara acak, maka besok parpol yang menyiapkan sampel. Yaitu kepengurusan, alamat dan kepemilikan kantor serta keanggotaan yang dilengkapi dengan KTA dan E-KTP.

“Selama tiga hari itu, semua pimpinan parpol tidak ada yang boleh meninggalkan Purbalingga,” katanya.

Sekretaris DPC PDIP Kabupaten Purbalingga, Bambang Irawan mengaku siap untuk menjalanai tahapan melakukan verifikasi. Penyiapan berkas-berkas diantaranya, E-KTP dan KTA sudah disiapkan sesuai dengan Sipol termasuk 30 persen keterwakilan perempuan

“Prinsipnya kami ikuti aturan yang ditetapkan KPU dari sisi penjadwalan dan langkah-langkah mekanisme administrasi sudah menyiapkan,” ungkapnya.

Hal senada juga diungkapkan Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Purbalingga, Sudono mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan persyaratan sesuai dengan petunjuk dari KPU. Ketua DPD PPP Nurul Hidayah Supriyati mengatakan, partainya siap kapanpun diverifikasi oleh KPU, dan Ketua DPC PKS Cahyo Susilo

“Untuk struktur partai secara administratif semua sudah disiapkan, pemasangan plang kantor hingga KTA dan E-KTP. Pihaknya hanya tinggal menunggu KPU datang melakukan verifikasi faktual. Ketua DPD PAN Mugo Waluyo juga mengaku tidak ada masalah di tahapan persiapan pelaksanaan verifikasi faktual sesuai dengan petunjuk KPU,”ungkap Cahyo Susilo. (mahendra yudhi krisnha)

 

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!