Menu
Media Online Terpercaya

26 Mei 2021 Gerhana Bulan Total. Masyarakat di Wilayah Ini Bisa Menyaksikannya!

  • Share
gerhana bulan
Ilustrasi Gerhana Bulan_lintas24.com

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis hampir seluruh wilayah Indonesia dapat menyaksikan Fenomena gerhana bulan total peringe (Super Blood Moon). Puncak gerjana akan terjadi pukul 18.18.43 WIB, 19.18.43 WITA, dan 20.18.43 WIT.

“Puncak gerhana dapat diamati dari seluruh wilayah pada 26 Mei 2021. Kecuali sebagian kecil Riau, sebagian Sumatera Barat, Sumatera Utara, dan Aceh,” ujar Kepala Sub Bidang Analisis Geofisika Potensial dan Tanda Waktu BMKG

Kepala Pusat Seismologi Teknik, Geofisika Potensial dan Tanda Waktu BMKG Rahmat Triyono menambahkan, gerhana bulan total terjadi saat posisi Matahari-Bumi-Bulan sejajar. Hal ini terjadi saat bulan berada di umbra Bumi, berakibat saat puncak gerhana bulan total terjadi, Bulan akan terlihat berwarna merah atau yang dikenal dengan istilah Blood Moon.

“Karena posisi bulan saat terjadi gerhana berada di posisi terdekat dengan bumi (Perigee), maka bulan akan terlihat lebih besar dari fase-fase purnama biasa, sehingga sering disebut dengan Super Moon,” ujar Rahmat.

Sehingga, gerhana bulan total pada 26 Mei 2021 dikenal dengan Super Blood Moon, karena terjadi saat bulan di Perigee (bulan berada di jarak terdekat dengan Bumi).

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *