22 grup Ikut Festival Kenthongan Purbalingga 2019

By: On: Dibaca: dibaca 7.07Rbx
22 grup Ikut Festival Kenthongan Purbalingga 2019

Sebanyak 22 grup kenthongan perwakilan dari seluruh Kecamatan di Kabupaten Purbalingga mengikuti festival kenthongan yang digelar dalam rangka memperingati HUT ke 74 Kemerdekaan RI tahun 2019. di alun-alun Purbalingga Jum’at malam (31 Agustus 2019).

Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon MM dalam sambutannya menuturkan, kegiatan rutin yang dilaksanakan tiap tahun ini adalah bagian nguri-uri budaya dan makin menumbuhkan rasa cinta pada seni budaya lokal Purbalingga khususnya kenthongan.

“Dari kenthongan ini kita harus berbangga karena Purbalingga jadi langganan di undang ke Istana Negara. Festival ini selain dalam rangka uri-uri budaya, sekaligus unjuk kebolehan para seniman lokal Purbalingga sehingga makin menumbuhkan kecintaan kita pada seni budaya yang ada di Purbalingga,” kata Bupati Dyah H Pratiwi.

Penampilan terbaik pertama diberikan kepada grup kenthongan Lakone dari Kecamatan Padamara. Terbaik kedua grup Punji Kastala Desa Jetis Kecamatan Kemangkon dan terbaik ketiga grup Ajisaka dari Kecamatan Kaligondang.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purbalingga sebagai penyelenggara juga memberikan penghargaan dan hadiah kepada grup Plana Asri Kecamatan Karangjambu sebagai penampil terbaik ke empat, grup Bujang Anom Purbalingga Kulon terbaik kelima dan grup Irama Sabuk Wulung Kec Kaligondang penampilan terbaik keenam

 

 

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!