22.453 KIA Telah Diterbitkan Disdukcapil Kabupaten Tegal

By: On: Dibaca: 2,585x
22.453 KIA Telah Diterbitkan Disdukcapil Kabupaten Tegal

Sampai dengan bulan September 2019, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil ( Dukcapil) Kabupaten Tegal telah menerbitkan 22.453 Kartu Identitas Anak ( KIA).

Kepala Dinas Dukcapil Kabupateb Tegal, Supriyadi menyatakan KIA diperuntukan untuk anak berusia 17 tahun ke bawah. Fungsinya hampir sama dengan KTP-el sebagai dokumen kependudukan dah kependudukan.

“Dokumen tersebut digunakan untuk pengurusan daftar sekolah, keimigrasian, BPJS serta transaksi keuangan yang melibatkan kepentingan anak. Samapi bulan Agustus 2019, alhamdulillah Kabupaten Tegal sudah menerbitkan sudah 22.453 KIA,” kata cyber media lintas24.com, Rabu (09 Oktober 2019)

Ia menjabarkan, KIA merupakan identitas resmi anak dari 0 sampai 17 tahun dan belum menikah yang diterbitkan Dukcapil kabupaten/kota yang dikeluarkan atas dasar Permendagri Nomor 2 Tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak. KIA berbeda dengan KTP-elektronik. KIA berwarna merah putih dengan gambar pulau-pulau Indonesia di atas setengah bola dunia berwarna merah putih. Selain itu, ada watermark bertuliskan Kartu Identitas Anak.

“KIA ini sampai umur 17. Ssetelah usia 17 tahun baru perekaman ulang untuk KTP elelktronik,” tambahnya.

Selain lewat online lanjutnya, pembuatan KIA di kabupaten Tegal ini juga dari Disdukapil jemput bola. Tahun ini Disdukcapil  baru bisa menargetkan hanya 40.000 keping KIA. Untuk penyebaran sisa material itu, Disdukcapil telah melakukan upaya jemput bola di sejumlah sekolah SD di beberapa kecamatan perbatasan. Seperti juga layanan keliling khusus anak SD kelas 5 dan 6 di wilayah perbatasan kota Tegal dan Pemalang, yakni Kecamatan Dukuhturi, Talang, Tarub, Suradadi, Kramat dan Warureja.

“Jumlah anak-anak berusia di bawah 17 tahun di Kabupaten Tegal ada sebanyak 300 ribu lebih. Jadi masih banyak dan akan dilanjutkan tahun depan.  Semoga berkelanjutan,” kata Supriyadi,

Cara pembuatan KIA  dengan pendaftaran online melalui website disdukcapilkabtegal.go.id, Ambil menu KIA online dan langsung mengisi sendiri. Dengan persayatan syarat foto copy KK, akta kelahiran, KTP orang tua.

 

 

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!