20 Oktober 2019, Jokowi dan Ma’ruf Amin Bersumpah Menjadi Presiden dan Wakil Presiden

By: On: Dibaca: dibaca 34.71Rbx
20 Oktober 2019, Jokowi dan Ma’ruf Amin Bersumpah Menjadi Presiden dan Wakil Presiden

Baca Juga : Megawati Minta Jatah Kursi Menteri. Jokowi Pastikan Terbanyak.

Baca Juga : Bambang Soesatyo Menilai Wajar Jika PDIP Ingin Menteri Terbanyak

Baca Juga : KH Ma’ruf Amin Optimis PKB Semakin Besar

Dalam Sidang Paripurna Presiden-Wakil Presiden periode 2019-2024 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20 Oktober 2019).

Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden terpilih Ma’ruf Amin bersumpah. Pengucapan sumpah atau janji dilakukan secara bergantian. Presiden Jokowi mengucapkan sumpah atau janji lebih dulu di hadapan seluruh Pimpinan MPR.

“Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada Nusa dan Bangsa,” tutur Presiden Jokowi.

Baca Juga: 20 Oktober 2019, Jokowi dan Ma’ruf Amin Bersumpah Menjadi Presiden dan Wakil Presiden

Baca Juga: Tantangan Jokowi-Ma’ruf Lima Tahun ke Depan Lebih Berat

Baca Juga: Kapolri Jenderal Polisi Tirto Karnavian Bakal IzinkanAksi Unjuk Rasa Usai Pelantikan Presiden 2019

Setelah itu giliran Ma’ruf Amin yang mengucapkan sumpah atau janji. “Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Wakil Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada Nusa dan Bangsa,” tutur Ma’ruf.

Setelah itu, keduanya menandatangani berita acara pelantikan. Selain Presiden Jokowi dan Ma’ruf Amin, seluruh Pimpinan MPR juga ikut menandatangani berita acara pelantikan.

Sebanyak 689 anggota MPR hadir dalam Sidang Paripurna. Acara Pelantikan Presiden 2019 ini diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Setelah itu prosesi pelantikan dilanjutkan dengan mengheningkan cipta untuk para pahlawan bangsa. Dalam pelantikan tersebut hadir pula tamu kenegaraan dan utusan dari negara-negara sahabat.

 

 

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!