by

190 Siswa Kelas 9 SMPN 2 Purwanegara Ikuti “Pagelaran Karya Seni”

-Pendidikan-dibaca 134.69Rb kali | Dibagikan 100 Kali

pagelaran karya seni smpn 2 purwanegara

BANJARNEGARA–Sebanyak 190 siswa Kelas 9 SMP Negeri 2 Purwanegara, Banjaregara, kemarin mengikuti Pagelaran Karya Seni  di sekolah setempat. Berbagai kreativitas siswa seperti main gamelan, drama, puisi, tari tradisional, dan tari modern  ditampilkan dalam kesempatan itu. Ikut menyaksikan kegiatan itu para siswa kelas 7 dan 8 serta jajaran dewan guru serta karyawan SMPN 2 Purwanegara

“Semua anak kelas 9 wajib tampil pada pada pagelaran karya seni sebagai ajang ekspresi ini. Kegiatan ini untuk membentuk karakter siswa,  agar berani tampil di hadapan  orang banyak dan bertanggungjawab atas yang ditampilkannya itu. Sekaligus melestarikan seni dan budaya,”  ujar Kepala SMP Negeri 2 Purwanegara, Budi Prasetiyo, S.Pd.

Budi Prasetiyo yang juga mengampu mata pelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan ini mengakui, selama ini pembinaan kesenian dan olah raga di sekolahnya mendapat perhatian khusus. Hal ini terbukti beberapa kali sekolah ini merebut prestasi di bidang kesenian, baik di tingkat kecamatan maupun kabupaten. Sedangkan prestasi di bidang olah raga, juga layak dibanggakan.

“Pada tahun 2015 lalu, SMPN 2 Purwanegara meraih juara ketiga cabang sepak bola dan atletik. Ada seorang atlet kami yang sampai meraih kejuaraan di tingkat Provinsi Jateng.  Bahkan kini dia sampai kuliah gratis, serta ada yang sedang menempuh Pasca Sarjana jurusan Olah Raga. Ini sungguh membanggakan kami,” ujar Budi Prasetiyo  yang dikenal aktif di kepengurusan KONI Banjarnegara ini.

Budi Prasetiyo memegang prinsip, jika ada murid yang punya bakat, harus dikembangkan semaksimal mungkin. “Sering, anak-anak yang berbakat atletik saya bawa ke rumah di Purwokerto. Mengingat fasilitas di Banjarnegara kurang, mereka saya ajak latihan di GOR Satria Purwokerto maupun GOR Soesilo Soedarman kompleks kampus Unsoed Purwokerto.Didasari rasa senang dan bertanggungjawab, maka saya didik mereka semaksimal mungkin,”  ujar Budi Prasetiyo, yang asli dari Purwokerto ini.

Selama ini, lanjut Budi Prasetiyo, berbagai kegiatan ekstra dikembangkan di sekolahnya, agar para siswa memiliki berbagai kemampuan dan keterampilan. Diantaranya ekstra Pramuka, Sepak bola, pencak silat, bola voley, dan atletik.

“Bahkan untuk  Pramuka, dua siswa kami dalam waktu dekat akan mengikuti Jambore Nasional tahun 2016 di Cibubur.  Ini bukti pembinaan Pramuka di sekolah kami  berjalan baik,”  ujar Budi Prasetiyo

 

Comment

Berita Lainnya