by

148 IKM di Purbalingga Terima Bantuan Peralatan dari Pemkab

-Daerah, Update-dibaca 4.78Rb kali | Dibagikan 13 Kali

Pemerintah memiliki peran penting untuk mendorong ekonomi masyarakat, salah satunya dalam bidang industri. Sebanyak 148 pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) di Kabupaten Purbalingga mendapatkan bantuan peralatan pemerintah. Penyerahan tesebut dilakukan secara simbolis oleh Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi di pendopo Dipokusumo.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Purbalingga, Sidik Purwanto, menjelaskan sebanyak 548 jenis alat atau perlengkapan telah dibagikan kepada 148 pelaku usaha IKM dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang tersebar di 15 desa dan 13 kecamatan.

“Bantuan-bantuan tersebut bersumber dari APBD Kabupaten maupun Provinsi Jawa Tengah. Dari data yang ada sampai dengan tahun 2019, jumlah IKM di Kabupaten Purbalingga tercatat sebanyak 43.358 unit yang terdiri dari 43.185 industri kecil dan 115 unit industri menengah,”ujarnya kepada siber lintas24.com, Kamis (10 September 2020).

Ia menambahkan, ada sebagian yang bergerak dalam IKM unggulan seperti knalpot, gula dan sapu gladah, dan sebagian lainnya bergerak dalam IKM potensial seperti batik, aneka kerajinan, makanan dan minuman olahan, kayu, logam dan lain sebagainya.

Pada awal tahun ini, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dinperindag)Kabupaten Purbalingga telah menggandeng Ditjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementrian Perdagangan RI melalui pelatihan manajemen ekport bagi 30 pelaku IKM.

Ia menambahkan, karena adanya pandemi, pihaknya terus berupaya melakukan peningkatan daya saing produksi IKM, baik secara virtual maupun non-virtual, termasuk secara aktif mengikuti berbagai webinar baik yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi hingga tingkat  Kementrian.

“Secara virtual Dinperindag Kabupaten Purbalingga telah memfasilitasi proses perolehan sertifikasi jaminan halal dari LPPOM MUI Jateng untuk 10 IKM Pangan yang dilanjutkan proses audit di lapangan.” tambahnya.

Di sisi lain, Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi,  mengatakan bahwa sektor IKM dan UMKM memiliki peranan besar dalam mengatasi permasalahan mendasar di Kabupaten Purbalingga berupa kemiskinan dan pengangguran.

“Apabila sektor IKM dan UMKM ini didorong dengan baik, kita berikan fasilitasi yang maksimal, maka sektor ini bisa menjadi solusi dari permasalahan kemiskinan dan pengangguran,”tukasnya.

Comment

Berita Lainnya