Menu
Media Online Terpercaya

120 Pramuka di Kwarcab Purbalingga Ikut Dianpinru

  • Share
Ketangguhan Pinru dan Wapinru diasah dalam Dianpiru agar menjadi Pramuka Indonesia yang akan melanjutkan pembangunan Indonesia, di lapangan SMK YPT 1 Purbalingga, pada Jumat (12 November 2021) hingga Minggu (14 November 2021).”
Ketangguhan Pinru dan Wapinru diasah dalam Dianpiru agar menjadi Pramuka Indonesia yang akan melanjutkan pembangunan Indonesia, di lapangan SMK YPT 1 Purbalingga, pada Jumat (12 November 2021) hingga Minggu (14 November 2021).”

Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Purbalingga sukses menyelenggarakan Gladian Pimpinan Regu (Dianpinru) Tahun 2021.

Kegiatan yang difasilitasi oleh Kwartir Daerah (Kwarda) Provinsi Jawa Tengah ini, diikuti 120 peserta terdiri masing-masing 60 orang penggalang putra dan putri di lapangan SMK YPT 1 Purbalingga, pada Jumat (12 November 2021) hingga Minggu  (14 November 2021).

Ketua Penyelenggara Dianpinru, Kak Sutarko mengungkapkan, Dianpinru merupakan pertemuan Pemimpin Regu Utama (Pratama), Pemimpin Regu (Pinru) dan Wakil Pemimpin Regu (Wapinru) anggota Pramuka Penggalang. Peserta merupakan utusan dari Gugusdepan SMP dan MTs di setiap 18 Kwartir Ranting  (Kwarran) di Purbalingga.

“Tujuannya untuk melatih ketangguhan Pinru dan Wapinru agar menjadi Pramuka Indonesia yang akan melanjutkan pembangunan bangsa dan negara Indonesia,” kata Kak Sutarko yang juga Waka Bidang Pembinaan Anggota Muda (Binamuda) Kwarcab Purbalingga usai kegiatan di SMK YPT 1 Purbalingga, Minggu  (14 November 2021).

Ia mengungkapkan, dalam Dianpinru ini, diberikan materi berupa metode kepramukaan, fundamental, dianamika kelompok, kepemimpinan, sistem beregu, SKU SKK SPG, musyawarah dewan penggalang, menaksir, phionering, administrasi  regu dan satuan, simulasi LT1 dan  materi api unggun.

“Pemateri yang mengisi merupakan pelatih Kwarcab Purbalingga. Untuk materi fundamental disampaikan oleh pemateri dari Kwarda Jateng,” katanya

Kak Sutarko mengakui, berbagai kesulitan muncul di tengah persiapan kegiatan karena pandemic Covid-19.

“Dengan tetap menerapkan prokes yang ketat, kami bisa menggerakkan keaktifan para anggota Pramuka. Saya berharap, usai Dianpiru ini, para peserta bisa mengamalkan dan menerapkan materi yang didapatkan dari kegiatan di gugus depan masing-masing ,” pinta Kak Sutarko

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *