10 Tips Sukses Berbisnis Online

By: On: Dibaca: dibaca 145.70Rbx
10 Tips Sukses Berbisnis Online

Kepercayaan sangat penting dalam berbisnis online. Sekali konsumen kecewa, dengan mudah berpaling. Nah, apa lagi tips sukses berbisnis online ?

Berjualan secara online sebenarnya tidak jauh berbeda dengan berjualan di dunia nyata. “Di mana pun jualannya, semua harus dilakukan dengan sungguh-sungguh,” kata Ita Saca yang sudah memulai bisnis online sejak 2011.

Barang-barang yang dijual Ita beragam, mulai dari barang pecah belah, kain batik, dan banyak lagi. Hanya saja, khusus batik Ita mengembangkan batik Kasumedangan dengan nama Batik Saca. Ita yang menjadi pendiri RPKN (Ragam Pesona Kain Nusantara), Galeri RPKN, MOR (Musyawarah Onlineshop) dan Dapur Berisik ini pun tak segan-segan membagi tipsnya bagi yang baru memulai bisnis online .

Langsung saja, inilah tips sukses berbisnis online dari Ita Saca!

1. Buat Media Sosial
Tips sukses berbisnis online yang pertama harus dipikirkan adalah memiliki akun Facebook, Twitter, blog, website atau Instagram . Bagaimana pun, media sosial merupakan saluran promo yang penting untuk produk.

2. Pilih Jenis Usaha
Tentukan jenis usaha yang akan dijual secara online . “Saat ini hampir semua bisa dijual secara online , mulai dari batik, baju, sepatu, tas hingga perabotan rumah tangga yang modern ataupun yang antik.”

3. Modal
Besar kecilnya modal yang dibutuhkan sangat relatif jumlahnya. “Ada yang memulai dengan modal besar berupa produk-produk dalam jumlah banyak. Namun, tidak sedikit yang memulai bisnis onlinedengan jumlah sedikit dan terbatas.”

4. Kepercayaan
Tips sukses berbisnis online yang paling penting adalah kepercayaan konsumen. Online shop(OLS) pasti akan berhadapan dengan berbagai karakter pembeli.

“Ada yang banyak bertanya, sering komplain, menawar rendah, namun ada juga yang lancar tanpa banyak bertanya. Walaupun ada konsumen yang tidak jadi membeli, ‘bekas’ calon pembeli yang tertarik dengan keramahan OLS sangat mungkin merekomendasikan kepada orang sekitarnya.”

Apabila ada akun Facebook yang dijadikan sarana berjualan, tampilkan jati diri pemilik kepada konsumen. “Sehingga konsumen percaya akun tersebut memang asli.”

5. Pentingnya Foto
Fotolah barang-barang yang akan dijual sebagus dan secantik mungkin. “Karena konsumen yang akan membeli hanya melihat dari foto saja. Beri keterangan pada tiap barang secara detail, ukuran, warna, bentuk, bahan. Sehingga konsumen mendapatkan gambaran tentang barang yang akan dibeli.”

Jika kondisi barang pecah belah, misalnya, dalam kondisi tidak bagus, jelaskan secara jujur bagian mana yang rusak. “Sehingga konsumen bisa mempertimbangkan kembali apakah jadi membeli atau tidak.”

Selain itu, saat konsumen bertanya mengenai produk yang diminati, walaupun sudah ada keterangan pada foto, “Berilah jawaban yang baik dan sopan karena pembeli adalah raja.”

Cantumkan harga di bawah foto barang yang akan dijual. Apabila ada harga khusus, sampaikan melaluiinbox . “Binalah hubungan baik dengan konsumen jika sudah menjadi pelanggan tetap,” sarannya tentang tips sukses berbisnis online.

Jika OLS menjual berbagai produk yang berbeda menggunakan satu akun Facebook , pisahkan foto dalam album yang berbeda dan beri nama sesuai jenis produknya. Ini akan memudahkan konsumen mencari jualan yang diinginkannya.”

6. Segera Kirim
Jika sudah ada kesepakatan jual beli dan pembeli sudah mentransfer uang, segera kirimkan barang yang dimaksud. Ingat kan, poin sebelumnya mengenai kepercayaan pelanggan? “Biasanya pembeli akan menilai OLS yang cepat dalam memenuhi pesanan pembeli.”

OLS sebaiknya memberikan nomor rekening bank yang mudah dijangkau. “Kalau paket sudah dikirimkan ke konsumen, segera beri kabar lewat inbox , BBM, atau SMS, lengkapi dengan nomor resi pengiriman. Begitu juga jika tidak sanggup mengirimkan barang atau keterlambatan pengiriman, tetap memberi kabar kepada konsumen agar tidak menunggu-nunggu. Sekali konsumen dikecewakan biasanya tidak akan percaya lagi.”

7. Packaging
Bungkus paket dengan sebaik mungkin karena sering terjadi konsumen merasa kecewa ketika menerima paket yang dibungkus asal-asalan. “Konsumen akan kecewa dan malas belanja lagi di tempat yang sama.”

8. Nomor Khusus
Jangan lupa memberikan nomor telepon yang memang khusus disediakan untuk menjalankan usahaonline , atau pin BB.

9. Etika Promosi
“Santunlah dalam berpromosi, batasi men-tag jualan pada wall orang lain sehingga tidak mengganggu kenyamanan pemiliknya. Kalaupun menggunakan blog , jangan menampilkan link blog jualan ke blogorang lain.”

Tips sukses berbisnis online lainnya adalah jangan terlalu sering mengupdate karena bisa jadi konsumen merasa bosan, namun jangan pula terlalu lama karena bisa saja konsumen mengira OLS tersebut sudah tidak aktif lagi. Pantau selalu OLS agar bila ada komentar yang masuk bisa segera direspons. “Sesekali menjalin komunikasi dengan konsumen pun tak ada salahnya, entah sekadar menyapa kabar atau lainnya.”

10. Sedia Stok
Ada yang mengatakan menjalankan bisnis online tidak usah memiliki stok. “Padahal, stok penting karena tidak tahu kapan jualan akan laris. Begitu ada konsumen yang ingin membeli dalam jumlah banyak, langsung bisa dilayani karena memiliki stok.”

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!